Jumat, 09 Desember 2011

HARVEST MOON : SAVE THE HOMELAND ( Endings )

Akhir Cerita

Dalam game ini ada 9 akhir cerita. Tujuan kamu di game ini adalah menyelesaikan 9 akhir cerita yang berbeda. Dalam setiap akhir cerita, akan ditunjukkan bahwa pulau memiliki sesuatu yang bernilai, jadi pemerintah tidak akan mengizinkan pembangunan taman hiburan. Berikut adalah panduan untuk mencapai akhir cerita tersebut.

Azure Swallowtail

Yang Terlibat: Kurt, Lyla, Parsley, Louis

Untuk memulai akhir cerita ini kamu harus berteman baik dengan Kurt. Beri dia tomat paling tidak sehari 1 kali selama beberapa hari. Nantinya, ketika berjalan di Walnut Forest (tempat tukang kayu) kamu akan melihat kamu bicara dengan Kurt. Dia akan mengatakan bahwa dia tidak pernah melihat kupu-kupu Azure Swallowtail untuk waktu yang lama. Dia membayangkan kalau kupu-kupu itu kembali ke desa, mungkin itu dapat menyelamatkan desa dari pembangunan taman hiburan. Woody datang dan mengatakan bahwa kupu-kupu Azure Swallowtaik suka sekali dengan bunga Blue Mist. Sekarang waktunya menginvestigasinya.

Pergi ke kolam Harvet Goddess dan lempar sesuatu. Dia akan memberitahumu bahwa kamu harus menemukan sesorang yang memiliki pengetahuan tentang bunga. Ada dua orang , Lyla dan Parsley. Pertama pergi ke tempat Lyla. Bawa bunga Pink cat untuk meningkatkan pertemananmu dengannya. Dia akan menjelaskan bahwa bunga Blue Mist sangat sulit didapat dan jarang adanya. Bunga ini hanya dapat ditemukan di gunung dimana tidak ada elemen yang dapat merusak bunga dan dimana cuaca tidak berubah jadi parah. Dia berhenti berhenti bicara disitu karena dia tidak tau detail selanjutnya. Sekarang temui Parsley.

Coba memeriksa seluruh area, dimana ada bunga pasti ada Parsley juga. Untuk membantu event ini, coba berikan Parsley beberapa buah Walnut untuk meningkatkan pertemananmu dengannya. Seperti yang kamu tau, hubungan persahabatan sangat penting di game ini. Setelah Parsley mendengarkan apa yang kamu katakana, dia akan memberitahumu bahwa dia akan pergi mencari bunga Blue Mist dan akan melaporkannya padamu jika dia menemukannya. Unuk beberapa hari kemudian erus berikan hadiah untuk Lyla dan parsley. Kunjungi toko Louis sesering mungkin, dan nantinya kamu akan melihat Louis menunjukkan pada Lyla sebuah kamera yang sedang dikerjakan untuk mengambil foto kupu-kupu Azure Swallowtail ketika dia melihatnya.

Kira-kira 1 minggu melakukan ini, Lyla dan Parsley akan mengunjungi peternakanmu pagi hari. Parsley akan memberitahukanmu tentang penelitiannya. Akhirnya Parsley akan memberikanmu bibit bunga Blue Mist. Dia memberitahukanmu agar menjaga baik-baik bibit itu. Kamu mungkin harus menanam bibit itu di Goddness Lake. Ada tempat khusus untuk menanamnya. Lihat ke arah sungai dan disana ada tanah yang kotor. Gunakan cangkulmu sampai tanahnya berbentuk kotak lalu sebarkan bibitnya. Sekarang kamu sudah menanam bunganya, dan waktunya menyiraminya. (catatan : bunga seharusnya di tanam dipertengahan musim panas, jangan di musim gugur karena akan mati). Pastikan untuk kembali setiap hari dan sirami bunga sampai mekar. Ini akan menghabiskan waktu 9 hari, tapi setelah 9 hari berlalu, bunganya akan mekar.

Setelah hari itu terjadi, sebuah tayangan akan muncul di Goddess Lake. Parsley akan berjalan saat Hero melihat bunga. Dia akan mengatakan bahwa dia tidak percaya semua itu bekerja dengan baik dan sangat senang bunga itu bisa tumbuh. Dia memutuskan untuk meninggalkan area itu dan akan melakukan hal yang lebih baik lagi. Sekarang saatnya menunggu kuku-kupu Azure Swallowtail datang. Jika kamu pergi ke area Goddess Lake pada malam hari (setelah jam 7:00 PM) kamu akan melihat Goddess dan para kurcaci mengagumi bunga itu. Goddess mengatakan akan mengatakan pada semua orang, bahwa yang harus dilakukan sekarang hanyalah menunggu.

Pastikan terus mengunjungi bunga setiap hari. Setelah 3 atau 4 hari bunga mekar, ssebuah tayangan akan muncul. Kamu akan mendekati area dimana kupu-kupu Azure Swallowtail akan mengelilingi bunga Blue Mist. Lyla dan Louis akan berhenti dan akan mengaguminya. Di waktu ini, Louis mengambil foto kupu-kupu sementara Lyla berpose dengan bunganya. Louis lalu mengatakan bahwa dia akan mengirim gambar dan membiarkan kamu mengetahui reaksi mereka, dan setelah ini apapun yang kamu lakukan bunga ini akan mati T^T. setelah bunga mati, jangan khawatir, tidak ada hal buruk yang akan terjadi. .

Kira-kira 7 hari menunggu, pergi ke area Goddess Lake pada sore hari. Sebuah tayangan akan muncul. Lyla sibuk mengambil bibit dibelakang bunga. Dia berkata bahwa dia dapat menjual ini untuk menanam bunga Blue Mist. Setelah ini Louis akan berlari menghampiri kamu. Dia berkata karena gambar kupu-kupu telah diterbitkan, maka desa akan terselamatkan dari pembangunan. Desa sekarang menjadi area cagar alam. Setelah itu, aka nada adegan kecil dimana kamu Louis dan Lyla berbicara. Saat Lyla pergi kamu melihat Louis mengejarnya. . .



Bluebird

Yang Terlibat: Louis

Di akhir cerita ini, kamu harus berteman baik dengan Louis. Lakukan ini : berikan Louis telur paling tidak 1 hari sekali selama seminggu. Kamu akan tahu kalau kamu sudah berteman baik dengan Louis saat dia berbicara banyak hal. Setelah menjadi teman baiknya, datanglah ke danau Maple jam 6:00 PM. Sebuah adegan akan muncul dimana kamu menemukan Louis sedang bermain flute. Kamu juga akan melihat kumpulan burung disekitarnya. Setelah melihat permainannya, Hero berjalan menghampirinya. Kamu dan dia akan memberi makan para burung bersama dan kali ini Louis akan memberikan sebuah flute untukmu. Terus bersahabat dengan Louis dengan memberikan telur, dan pastikan kamu berlatih bermain flute. Kamu dapat membangun hubungan baik dengan anjingmu, yang mana dapat membantumu di event yang lain.

Kira-kira seminggu setelah itu, datang lagi ke danau Maple pukul 6:00 PM. Kamu akan melihat Lyla berdiri di belakang Louis sambil mendengarkan permainannya. Setelah menunggu, hero dan Lyla akan menghapirinya lalu bicara. Lyla meminta Louis untuk memainkan flute nya lagi, tapi Louis menjadi gugup lalu mengacaukannya. Lyla lalu pergi dan Louis akan mulai menceritakanmu tentang Bluebird. Dia berharap saat bermain flute, burung itu akan datang. Kemudian muncul Woody dan menjelaskan bahwa Bluebird sangat cantik sampai mereka diburu dan dibunuh jadi dia tidak melihat burung itu lama sekali. Percakapan ini berakhir dan membuat kamu berada dirumah. Lanjutkan tingkatkan persahabatanmu dengan Louis.

Setelah satu atau dua minggu, Louis akan mengunjungimu dan bertanya apakah kamu berlatih memanikan flute. Jawab “Yes, of course”, dan lalu dia akan memintamu untuk pergi ke danau dan bermain beberapa musik dengannya. Setelah itu kalian aka nada di danau, sebuah mini-game akan muncul. Kamu dan Louis akan berdiri bersebelahan dan aka nada not musik di atas kepalamu. Louis akan menjelaskan bahwa kamu harus memainkan not yang dia mainkan. Ketika not nyala kamu harus memainkan not tersebut dengan flutemu. Not itu merupakan kode yang menggunakan warna :

Hijau = Atas

Biru = Bawah

Pink = Kiri

Merah = Kanan

Louis kemudian akan memainkan nada itu dan kamu harus ikut memainkannya. Kamu diperbolehkan salah melewatkan 6/7 nada dari 56 nada yang ada. Jika kamu gagal kamu akan diberikan pilihan untuk bermain lagi (lakukan jadi kamu tidak kelihangan akhir cerita ini). Ini adalah kode yang harus kamu mainkan.

P, H, P, B, M, B, B, P, H, M, B, P, B, P, H, M, P, B, H, H, P, P, M, M, B, P, H, B, P, M, B, P, B, H, M, B, P, H, B, H, P, P, B, B, M, B, P, M, H, H, P, P, M, H, M, B, P

Saat kalian berdua bermain flute, seekor Bluebird akan muncul dan menjatuhkan Blue Feather ditanah. Louis akan mengambilnya dan bertanya apa yang harus dia lakukan. Lalu dia berlari ke tokonya. Sekarang kamu pergi temui Goddess dan dia akan memberitahukanmu bahwa dia tidak ada petunjuk tentang apa yang terjadi. Sekitar 2 minggu kemudian, Louis akan mengunjungi peternakanmu dan memberitahukanmu bahwa Blue Feather yang dia kirim telah menyelamatkan desa. Dia menjelaskan bahwa Blue Feather itu benda langka, jadi mereka tidak mengizinkan perusahaan membuat taman hiburan di desa. Dipesta perayaan, kamu dan Louis pergi ke danau Maple dan memainkan nada dari flute.

Setelah kejadian itu, Louis akan bertanya apa pentingnya Blue Feather itu. Hero akan menjelaskan bahwa Blue Feather diberikan kepada seseorang yang dicintai. Lyla akan masuk dan dia piker cerita itu sangat manis. Louis dengan penuh keberanian memberikan Lyla Blue Feather dan adegan itu hilang perlahan dari layar. . . T^T (aq kan suka ma Lyla! Ga rela deeehhhh!!)



Cake Contest

YangTerlibat: Katie, Dia, Wallace, Gwen

Untuk memulai akhir cerita ini, kamu harus berteman baik dengan Katie. Berikan dia bunga Moondrop (paling tidak satu kali sehari) dan lanjutkan sampai satu atau dua minggu. Satu hari saat memasuki Café/Bar sebuah adegan akan muncul. Katie akan menjelaskan bahwa dia ingin mengikuti kontes membuat kue. Dia punya 1 masalah, dia tidak terlalu pandai memasak. Dia mendengar rumor tentang buku resep nenekmu untuk membuat kue yang sangat fantastik. Wallace datang dan mengatakan bahwa itu merupakan kue yang paling enak yang pernah dia makan. Saat itu juga, Gen datang dan memberi komentar tentang Katie. Ini adalah akhir dari adegannya. Sekarang pergi bicara pada semua penduduk kota tentang resep kue yang nenekmu buat. Tempat yang bagus untuk memeriksa resep tersebut adalah rumahmu. Periksa laci yang ada di sebelah kiri dan kamu akan menemukan resep nenekmu. Resep itu akan memberitahumu kunci dari komposisi kue itu.

Setelah menemukan resep, kembalilah ke café/bar dan adegan yang baru akan muncul. Kamu akan terlihat memberikan resep itu pada Katie. Dia membacanya dan berkata padamu bahwa dia membutuhkan telur emas, susu emas dan Moondrop Dew. 2 item yang pertama mudah didapat tapi yang ketiga sangat menipu. Wallace setuju bahwa Moondrop Dew hanya tipuan karena dia belum pernah mendengarnya. Pergilah ke depan Villa Clove untuk bicara pada Dia. Kamu harus memastikan Dia menyukaimu, pastikan saja memberi Dia Blueberry setiap hari. Suatu hari saat Dia didalam, pergilah kedalm. Sebuahadegan akan muncul dimana Dia mengeluarkan buku untuk diberikan pada Katie, buku tentang Moondrop Dew. Cara lainnya adalah berteman dengan Gina. Jadilah teman Gina dan saat Dia berusaha mencarinya, Gina akan menemukannya dan memberikannya padamu. Ketika kamu membawa buku itu ke café/bar, adegan baru akan muncul lagi. Kali ini kamu akan memberi Katie sebuah buku dan Katie berkata bahwa dia bisa membuat Moondrop Dew.

Setelah beberapa hari saat melewati café/bar Katie akan memberitahukanmu cara membuat Moondrop Dew. Kamu perlu membuatnya di Goddess Lake saat bulan penuh. Bulan penuh terjadi tanggal 14, 15, 29 dan tanggal 30. Kamu juga harus berada disana pukul 9:00PM. Lalu dia berkata bahwa cinta sejatimu akan muncul. Tunggu sampai tanggalnya, pada hari pertama, pergilah ke Goddess Lake sekitar jam 9:00 PM. Gadis yang manapun (atau lelaki jika kamu hanya berteman dengan Katie) yang memiliki poin pertemanan paling tinggi akan muncul. Akan ada sedikit pembicaraan antara kamu dan dia dan lalu sebuah guci yang bersinar akan muncul. Bulan lalu akan mengumpulkan cahanya dan cinta antara kamu dan gadis (atau lelaki) yang paling kamu sukai. Setelah adegan selesai, gadis itu (atau lelaki) akan mengambil guci dan dia berkata akan memberikannya pada Katie. Setelah kejadian ini terjadi, pastikan berikan Katie Telur Emas dan Susu Emas, lalu dia akan memulai membuat kue.

Beberapa hari kemudian datanglah ke café/bar dab Katie akan mempunyai contoh masakan untuk kamu cicipi. Hero akan merasa jijik karena kue itu tidak terlihat bagus. Katie berjanji kue itu akan terasa enak saat kontes dan tidak perlu khawatir. Beberapa hari kemudian kembalilah ke café/bar dan Katie akan memberitahukanmu dia telah masuk ke kontes kue dan yang harus kamu lakukan adalah menunggu.

Seminggu akan berlalu dan Katie, Lyla dan Gwen akan muncul di peternakanmu. Katie memberitahumu bahwa kue yang dibuat memenangkan hadiah pertama dan dia dipuji. Sekarang area itu terkenal dengan kue Katie, dan taman hiburan tidak bisa dibangun di desa. Adegan berakhir saat kamu berjalan keluar. Setelah semua selesai, sebuah adegan baru akan muncul, Katie berbicara tentang dia ingin pergi ke tempat yang berbeda dan dia berharap kamu tetap tinggal sampai dia kembali. Setelah adegan “lovey-dovey”, Hero akan setuju dan layar akan menghilang . . . .



Endangered Weasel

Yang Terlibat: Gwen, Nik, Nac, Flak, Louis

Untuk mengawali akhir cerita ini, berteman baiklah dengan Gwen. Berikan dia paling tidak 1 Blueberry atau telur sampai beberapa hari. Jika kamu mempunyai Susu Emas, berikan pada Gwen karena itu adalah kesukaan Gwen. Beberapa hari kemudian, para kurcaci akan membangunkanmu pagi hari. Mereka berteriak ada makhluk yang menggangu mereka dan mereka ingin kamu melihatnya. Hero dan para kurcaci lalu pergi ke Goddess Lake dan bersembunyi di semak-semak. Kamu akan melihat makhluk berbulu putih keluar dari pohon. Ini merupakan makhluk yang para kurcaci bilang. Kemudian Gwen datang dan berteriak pada mereka untuk menghentikan teriakkan para kurcaci pada temannya Snowball, si musang.

Sekarang pergi bicaralah pada Harvest Goddess untuk melihat apa yang bisa dilakukan. Dia akan menyarankan kamu untuk bicara pada semua penduduk tentang makhluk putih ini dan menyarankan kamu menyebarkan rumor bahwa makhluk ini sangat langka. Selama melakukan hal ini, terus berikan hadia pada Gwen. Suatu pagi dia akan mengunjungi kamu di peternakanmu dan berbicara padamu. Dia berkata ingin menyelamatkan desa, tapi dia tidak ingin musang itu diexploitasi demi menyelamatkan desa. Dia tidak percaya ini akan adil. Dan dia menyatakan akan berfikir lama dan sangat sulit untuk memutuskan lalu dia akan menemuimu lagi setelah mendapat keputusan. Untuk selanjutnya berikan dia hadiah lagi, setelah seminggu berlalu, dia akan mengunjuimu lagi. Dia akan memberitahu kamu bahwa Louis membuat kamera dan dia siap melakukan suatu tindakan. Dia berkata padamu untuk menemuinya di Goddess Lake malam hari jam 7:00 PM untuk mengambil gambar.

Ketika kamu sampai di Goddess Lake jam 7:00 PM, Gwen akan muncul dengan menyembunyikan kamera. Sayangnya, mala mini bukan malam yang bagus untuk si musang dan tidak ada gambar yang dapat. Gwen memberitahukanmu bahwa dia harus berfikir tentang ini lagi dan akan menemuimu lagi. Dua minggu kemudian (setelah memberikan dia hadiah lagi) dia akan muncul di peternakanmu . dia berkata agar kamu menemuinya lagi jam 7:00 di Goddess Lake. Pergilah kesana dan setelah kamu samapi, Gwen akan mengikutimu dengan sebuah kamera. Kali ini musang itu datang dan Gwen mendapatkan beberapa foto yang bagus. Setelah musang pergi, dia berkata semoga foto nya akan bagus.

Satu minggu kemudia, Louis dan Gwen akan mengunjungimu untuk menunjukkan sebuah buku berisikan foto musang. Kebetulan musang itu adalah makhluk yang hampir punah. Karena area ini merupakan area Cagar Alam, maka taman hiburan tidak bisa dibangun di desa. Gwen masih terlihat kecewa pada foto itu tapi akhirnya dia berkata sekarang musang iti dapat hidup bahagia. Setelah hal ini terjadi, Gwen dan Hero duduk diatas kandang sapi. Gwen mulai bicara tentang benar dan salah juga soal kehidupan. Dia kemudian menyadari bahwa semua orang membuat beberapa kesalahan dikehidupannya dan yang bisa kamu lakukan adalah terus melangkah ke depan. Gwen kemudian meminta Hero sedikit menunduk, dan ketika Hero menunduk dia mencium pipi Hero, kemudian adegan ini berakhir. . . .



A Fishy Story

Yang Terlibat : Joe, Katie, Kurt, Louis, Woody

Untuk memulainya kamu harus berteman baik dengan Joe dan kamu harus bicara padanya saat dia sedang memancing. Dia bilang kamu seharusnya tidak usah menyelamatkan desa, karena kamu tidak akan lama berada didesa. Setiap hari dtang dan temuilah Joe. Sampai akhirnya kamu diberikan alat pancing olehnya. Alat pancing itu bukan yang terbaik, tapi bisa digunakan untuk belajar memancing ikan. Dengan alat ini, kamu akan menangkap banyak sepatu bot dan kaleng, dan beberapa ikan. Jangan berikan Joe ikan yang kecil karena dia tidak akan menerimanya, tapi jika kamu nemangkap ikan ukuran sedangm pastikan untuk memberikannya pada Joe. Setelah kamu menangkap 3 ikan berukuran apapun, temuilah dia di danau Maple pada sore hari.

Joe ada di danau pada hari senin, rabu dan jumat dari jam 6:00 PM sampai jam 8:00 PM. Sebuah adegan akan muncul dimana Joe akan memberitahukanmu tentang Legenda Silver Fish. Dia berkata dua tidak pernah melihat sebelumnya tapi ikan itu merupakan “Fishy Stories”. Memancinglah setiap hari. Setelah kamu menangkap 3 ikan lagi (mungkin lebih banyak lagi) pergi temui Joe di danau Maple pada sore hari. Dia akan bertanya padamu tentang memancing. Itu tidak penting kalau kamu memberikan jawaban apapun. Dia akan memberitahumu bahwa dia akan berbicara pada Louis tentang membuat alat pancing yang lebih baik untukmu.

Pada hari selanjutnya alat pancing Silver Fishing sudah tersedia di Tool Shop dengan harga 4500G. cobalah memancing menggunakan itu, dan kamu akan lebih mudah menangkap ikan segala ukuran, dan kamu akaan jarang mendapatkan sampah. Sekarang coba memancing paling tidak 3 ikan ukuran Medium/Large dan kemudian pergilah menemui Joe saat sore hari. Saat kalian berdua bicara, Joe menyadari ada sesuatu berwarna perak melintas. Dia sekarang percaya bahwa Silver Fish bukan sebuah legenda, melainkan fakta. Dia sekarang siap untuk mencoba memancing ikan itu.sekarang waktunya kamu berteman dengan Kurt, jadi berikan dia tomat sampai 1 minggu. Pada hari selasa atau kamis, pergilah ke tukang kayu dan sebuah adegan akan muncul antara Hero dan Woody. Dia memberitahumu bahwa Silver Fish merupakan kiriman Tuhan, dia tidak pernah melihatnya, tapi dia berharap kamu mendapat keberuntungan sehingga bisa menangkapnya.

Adegan akan berakhir, tapi akan segera muncul yang baru dengan Harvest Goddess dan para kurcaci. Dia memberitahu bahwa dia tidak tahu banyak tentang Silver Fish, tapi dia akan mencari tahu untukmu. Setelah ini terjadi, Kurt akan berjalan dan dia melihatmu dengan aneh (dia tidak dapat melihat Harvest Goddess atau pun kurcaci). Dia mengatakan kamu butuh tidur lebih banyak karena kamu berbicara sendiri. Sekarang pergilah menangkap lebih banyak ikan, dan kembali pada sore hari. Joe akan bertanya-tanya tentang Silver Fish ketika para kurcaci lewat. Mereka akan menjelaskan padamu bahwa Silver Fish hanya muncul ketika bulan penuh/purnama. Ini berarti ikan itu akan muncul pada tanggal 14,15, 29, dan 30. Ketika para kurcaci pergi, Joe menatapmu aneh seperti yang Kurt lakukan, dan memberitahukanmu untuk istirahat.

Setelah ini, beri Tomat ke Kurt dan dia akan menemuimu di peternakan 7hari setalh itu. Dia memberitahumu bahwa dia tidak percaya tentang legenta Silver Fish, tapi dia tidak sepenuhnya tidak percaya. Dia akan membuat kesepakatan denganmu. Karena Woody memiliki Herbs Kurt, dia memintamu untuk mencarikan Herb untuknya. Dia berkata jika kamu melakukannya maka dia akan membalas kebaikanmu. Berikan dia Herb dan dia akan berkata akan kembali dalam beberapa hari untuk membals kebaikanmu.

Sekitar 4 hari kemudian, Kurt akan datang ke peternakanmu lagi untuk bicara. Dia memegang alat pancing ditangannya. Dia menjelaskan bahwa dia membayangkan bentuk Silver Fish untuk mendesain alat pancingnya. Sekarang kamu mempunyai alat pancing untuk Silver Fish, yang harus kamu lakukan adalah menunggu sampai malam tiba. Event di Silver Fish ini lebih teracak-acak, jadi mungkin kamu akan sedikit frustasi. Kamu harus menunggunya keluar dari air lalu menangkapnya. Tidak ada bayangan, lihatlah ke obyek yang terlihat besar di danau. Kamu harus menggerakkan alat pancingmu ketempat ikan itu berada untuk menangkapnya. Tidak seperi alat pancing biasanya. Kamu akan tahu jika kamu menangkap Silver Fish karena waktu kamu tarik ikan itu akan berwana perak berkilauan.

Joe ada di sebelah kananmu dia tertegun dan takjub pada tangkapanmu. Lalu Hero akan melepaskan kembali ikan itu ke danau dan Joe bertanya mengapa kamu melakukan itu. Lalu dia menyadari kenapa kamu melakukan ini dan setuju dengan apa yang kamu lakukan. Hero telah mengambil sisik dari ikan itu untuk membuktikan tangkapannya. Hero memberikannya pada Joe dan Joe kemudian mengirimkannya ke sebuah Perusahaan Majalah.

Satu minggu kemudian, Joe, Kurt dan Katie akan datang ke peternakanmu. Katie menunjukkan brosur yang membahas tentang Silver Fish yang Hero tangkap. Karena ikan ini langka, maka taman hiburan tidak dibangun di desa. Ini berarti bahwa danau merupakan area yang dilindungi oleh hukum. Joe senang desanya terselamatkan tapi dia sedih dia tidak dapat memancing sesering dulu. Setelah kejadian itu. Hero mengunjungi Joe. Joe sedang memancing terakhir kalinya sebelum danau dibatasi dengan pagar. Joe dan Hero akan bicara sedikit sebelum akhirnya Katie muncul. Dia akan menyatakan bahwa dia tidak mengerti bagaimana cara kerja alat pancing, dan kemudian dia menarik Joe untuk kencan. . . .



Goddess Dress

Yang Terlibat: Dia, Gina, Harvest Goddess, Katie, Louis

Berteman baiklah dengan Gina (cucunya Martha) di Villa Clove. Berikan dia Very Berries, kamu juga dapat memberikan dia beberapa telur juga. Setelah beberapa hari memberi dia hadiah, dia akan mengunjungimu di peternakanmu dan erbincang sedikit. Gina memberitahumu tentang Festival Bunga di Flowerbed City , tempat dimana Hero berasal. Dia mendengar bahwa Goddess Robes lahir disana. Dia ingin membuat desain baru untuk mengejutkan semua orang yang datang ke festifal itu.dia meminta tolong padamu untuk melakukannya. Sekarang kamu telah resmi membantunya, yang harus kamu lakukan adalah menemukan seseorang yang dapat merancang gaun. Pergilah ke Katie. Jadikan dia teman baikmu dengan memberikan bunga Moondrop setiap hari. Saat sudah waktunya dia akan datang ke rumahmu suatu pagi dan menunjukkan beberapa sketsa unruk gaun Goddess da Gina ingin tahu pendapatmu. Kemudian Hero pergi untuk menjelaskan bentuk yang bagus untuk gaun Goddess, membuat Katie keheranan seperti kamu telah melihat Goddess (Katie tidak dapat melihatnya).

Setelah memberitahukan idemu, pergilah ke Villa Clove dan kamu akan melihat Gina dan Katie sedang berdiskusi dibawah pohon, mereka mencari ide tentang pembuatan gaun. Pada saat sedang berdiskusi, Dia akan keluar dan Dia memarahi Gina dan berkata bahwa Gina harus menemukan scrafnya. Kati perpamitan pada Gina dan lari meninggalkan mereka, lalu Gina mencari scraf Dia. Sekarang kamu harus mulai berteman baik dengan Dia. Berikan dia Very Berries atau Bluberry kurang lebih satu minggu atau kamu bersikap baik padanya.

Pergi ke Goddess Lake dan sebuah adegan akan muncul. Goddess memberitahukanmu agar membuat gaun untuk Goddess dengan benar, kamu membutuhkan benang sutera. Selain itu, benang sutera harus dicampur dengan Very Berries ditenun dibawah sinar bulan. Hero terlihat sedikit bingung dengan semua ini, tapi Goddess menjelaskan yang harus kamu lakukan adalah membawa benang dan dia akan mengerjakannya. Sekarang berteman baiklah dengan Louis dan pergilah ke Tool Shop. Akhirnya dia akan memberitahu dia mempunyai benang sutera tapi dikenakan biaya sebesar 3000G.

Sekarang kamu mempunyai benang sutera, kembalilah ke Goddess. Adegan baru akan muncul, kali ini Goddess akan mengambil benang sutera dari tanganmu. Dia kemudian mulai membuat bahan dan akan memberikannya padamu. Hal ini akan mengambil waktu 2 minggu, dan kemudian Goddess dan para kurcaci akan mengunjungi peternakanmu. Dia akan memberitahukan bahwa dia dengan bangga menyelesaikan kain berwana pelangi dan menyerahkannya pada Hero. Kemudian para kurcaci mengeluh tentang bahaimana Harvest Goddess membuatnya dengan kerja keras. Ini waktunya kamu pergi ke Villa Clove.

Untuk memberikan bahan kain itu ke Gina, pastikan dia berada di dalam rumah. Dia biasanya ada di dalam Villa sekitar jam 11:00 AM secuali sabtu. Ketika kamu menemukannya didalam rumah, sebuah adegan akan muncul dimana Hero memberika bahan berwarna pelangi itu pada Gina. Gina akan berkomentar pada keindahan kain itu dan dia akan bertanya bagaimana kamu bisa mendapatkannya. Setelah itu Hero mencoba menjelaskannya pada Gina, Gina sedikit bingung dan Gina pikir dia lebih baik tidak tahu. Sekarang Gina akan mengerjakan gaunnya. Lanjutkan memberi dia hadiah juga Katie. Hal ini membutuhkan waktu 3 samapai 4 minggu tapi ketika gaun itu selesai pergilah ke Villa Clove dab sebuah adegan akan muncul, Gina dan Katie akan duduk dibawah pohon, tapi kali ini Gina sibuk menjahit gaun. Martha akan memanggil Gina dan Gina merespon panggilan Martha. Lalu Dia keluar dari Villa dan bertanya pada Gina mengapa dia sering sekali bermain dengan Katie. Dia kemudian mengacuhkan pekerjaan Gina. Katie marah dan berbicara keras pada Dia. Dia berlari kencang sambil menangis. Hero pergi untuk membuat Dia nyaman dan berbicara padanya, kemudian Dia kembali dan meminta maaf ke semua orang dan ikut membantu. Gina berkomentar bahwa Dia akan jadi model yang pas untuk gaun Goddess.

Pagi berikutnya Gina dan Dia akan mengunjungimu dan Dia akan menyemangati gaun yang baru. Gina berkata bahwa dia akan mengirimkan gaun ini ke Flowerbed City untuk festival. Ini akan memakan waktu 1 minggu, tapi Gina, Dia dan Katie akan mengunjungi peternakanmu sekali lagi dan Gina akan berteriak bahwa gaunnya mendapat hadiah pertama pada festifal. Katie mengeluarkan brosur yang menyebutkan mereka ingin diajari Gina bagaimana cara menjahit. Mereka akan menyiapkan Workshop dan kelas menjahit di Sugar Valley. Sampai sini layar memudar, adegan selanjutnya Harvest Goddess dan para kurcaci. Goddess mengatakan akan mengeluh pada Gina tentang kerja kerasnya.

Setelah kejadian ini, Gina datang ke peternakanmu. Dia kemudian mengucapkan terima kasih karena sudah menolongnya. Kemudian Gina mengatakan bahwa Hero adalah motivatornya dan yang memberikan kekuatan untuk melakukan semua hal ini. Gina kemudian merasa sangat malu dan berlari dengan Hero yang mengejarnya, layar pun memudar. . .



Horse Race

Yang Terlibat: Bob and Gwen

Untuk memulainya kamu harus berteman baik dengan Bob dan Gwen. Keduanya menyukai makanan yang manis, mereka juga menyukai telur dan susu. Sekarang kamu harus mendapatkan kuda jika kamu tidak punya. Untuk mendapatkan kuda, lihat lagi halaman kuda. Saat kamu mendapatkannya, kamu harus merawat dan mengajaknya bicara setiap hari. Saat kamu minimal mendapatkan 1 hati darinya, kamu akan dapat menaikinya dan mengendarai dengan kecepatan yang pelan. Ketika kamu sudah dapat mengendarai kudamu, kamu akan melihat sebuah adegan bersama Bob. Hero akan terlihat sedang menyikat kuda dan Bob akan memberi pujian karena kamu sudah bisa mengendarai kudamu. Dia juga memberitahumu bahwa dia percaya pada kemampuanmu dalam melatih kuda. Kemudian Gwen akan datang dan menunjukkan sikap sombong dan mengatakan bahwa semua orang dapat mengendarai kuda dan tidak ada kuda yang bisa mengalahkan kudanya.

Lanjutkan memberi kasih sayang pada kudamu, dan gunakan gudamu untuk pergi kemanapun di desa. Nantinya kamu akan mendapatkan 5 hati kuda. Sebuah adegan baru akan muncul. Bob sekali lagi datang dan mengucapkan selamat karena kuda kamu dalam keadaan yang sangat bagus. Dia kemudian berkata bahwa ini saatnya melatih kudamu untuk balap kuda. Dia barkata, kamu harus datang ke Brownie Farm dan melakukan tes waktu kecepatan lari kudamu. Gwen akan muncul dan kemudian dia dan Bob akan berdebat tentang siapa yang akan mewakili Homeland dalam balap kuda nanti. Sekarang pergilah ke Brownie Farm dan masuk kedalam toko. Ketika berada di dalam Bob akan menanyakan apa keperluanmu datang kesana. the cinema ends. Now head on down to the Brownie Farm and go into the Store. Bukan hanya terdapat pilihan “Part-Time Work”, tetapi pilihan “Time Attack” juga akan ada. Kamu kemudian aka nada di lintasan balap untuk melakuakn tes kecepatan.

Untuk melakukannya, kudamu harus mengitari lintasan sebanyak tiga kali. Bob berkata kamu harus mengalahkan waktu Gwen, 52 detik. Ketika sedang balapan, usahakan tetap berada didekat pagar sebelah kanan jangan sampai menyenggol pagar. Pastikan kamu untuk memperkecil jarak dengan berada di pinggir dekat pagar. Kamu tidak harus mengalahkan waktunya di kesempatan pertamamuu, kamu dapat mengambil beberapa kali kesempatan untuk mengalahkan waktu 52 detik.

Saat kamu mengalahkan waktu Gwen, kamu dapat terus mencoba waktumu samapi waktu yang tercepat yang bisa kamu dapatkan (jadi kamu tidak harus mengalahkan waktu 52 detik disetiap balapanmu). Dalam waktu 2 minggu, Bob akan datang ke tempatmu dan mengatakan itu merupakan “Time Attack” yang bagus tapi sekarang kau harus menghadapi beberapa kompetisi. Bob menatangmu dalam sebuah balap kuda. Dan jika kamu berhasil mengalahkannya kamu akan diikutsertakan dalam lomba. Dia juga berkata jika kamu tidak mau balapan dengannya sekarang, kamu dapat menemuinya pada hari kamis untuk menantangnya. Balapan ini sama seperti “Time Attack”, tapi kamu harus mengalahkan Bob. Coba mengikuti petunjuk yang sama dengan yang di atas. Tapi jangan biarkan Bob berada di depan. Setelah memenangkan ini, Bob akan menyatakan bahwa kudamu siap untuk mengikuti balap kuda. Gwen akan muncul dan mengatakan tes nya belum berakhir. Kamu harus mengalahkannya untuk membuktikan bahwa kudamu adalah yang terbaik. Lakukan balap kuda dengan Gwen dan kemudian kalahkan dia seperti mengalahkan Bob dan kamu akan ikut lomba kuda.

Setelah mengalahkan Gwen, dia akan mengatakan bahwa kudamu adalah yang terbaik. Kemudian Bob akan mencubit dan memberitahu agar kamu menjaga baik-baik kudamu karena balap kuda akan berlangsung 2 minggu lagi. Beberapa hari kemudian, Gwen akan mengunjungimu dan berkata dia sangat kecewa dikalahkan olehmu, tapi dia senang kudamu bisa ikut balapan. Dia kemudian memberikan sebuah “Jimat Keberuntungan” agar kudamu bisa menang nanti. Satu minggu setelah mengalahkan Bob dan Gwen, Bob akan mengunjungimu dan mengingatkan bahwa balap kuda akan berlangsung 1 minggu lagi dan pastikan kamu menjaga dan merawat kudamu dengan baik.

Satu minggu kemudian Bob akan mengunjungimu lagi untuk mengambil kudamu. Sayangnya, kamu tidak dapat mengendarai kudamu, tapi Bob akan merawatnya dan melakukan balapan yang bagus. Esoknya Gwen dan Bob akan datang ketempatmu dan memberitahumu bahwa kudamu menang! Sejak kudamu memenangkan balap kuda, mereka berkata balap kuda tahun depan akan diselenggarakan di desa! Ini berarti, taman hiburan tidak akan dibangun di desa dan sekali lagi desa terselamatkan. Pada akhir cerita, Hero, Bob dan Gwen berada di lintasan balap kuda. Mereka berbincang dan kemudian kalian bertiga mengitari lintasan balap. Kemudian layar akan menghilang perlahan.



Treasure Hunt I

Yang Terlibat: Tim, Bob, Hero's Dog

Untuk memulainya, berteman baiklah dengan Tim dan Bob. Pastikan memberikan Tim telur (paling tidak 1x sehari) dan berikan Bob Very Beriies (1x sehari). Hal lain yang harus kamu miliki adalah anjingmu yang mempunyai 5 hati. Kamu akan membutuhkan Flute untuk membantu melatihnya dan membuatnya sayang padamu. Juga ingat beri makan anjimu setiap hari.

Ketika anjingmu memiliki 5 hati, bawa dia ke Tim dan tunjukkan padanya. Tim akan terkejut dan sangat senang. Beberapa hari kemudian Tim akan mengunjungimu dan membawa berita penting. Dia rupanya menemukan peta harta karun dan dia ingin kamu untuk membantunya menggali harta yang terpendam. Kamu kemudian akan pergi ke Walnut Forest (across from Sunny Garden Cafe/Bar) untk menggali harta terpendam. Tim akan mengikuti peta, menghitung, dan kemudian menemukan tempatnya. Hero akan mulai menggali yang disuruh oleh Tim. Ketika kamu membuka peti itu, kamu akan menemukan kumpulan mainan tua yang sangat banyak, sampah. Bob kemudian akan datang dan dia menjelaskan ketika dia masih kecil dia mengubur harta karun dan sudah melupakannya. Dia kemudian berkata benda-benda ini sangat penting baginya, tapi sekarang tidak. Adegan pun berakhir.

Berikan Telur dan Very Berries ke Tim dan Bob dan nantinya Tim akan mengunjungimu lagi. Kali ini dia menemukan peta harta karun yang lain, yang mana dia sebut peta harta karun sungguhan. Dia berkata bahwa bahwa ada sesuatu yang harus dilakukan dengan Secred Land di Praria Forest (sebelah utara Villa Clove). Tim tidak tahu apapun tentang Praria Forest, tapi dia memberikanmu salinannya. Ini adalah tempat yang kamu datangi. Tidak ada penduduk desa yang benar-benar tahu apa itu Secred Land jadi berbicara dengan orang-orang desa tidak banyak membantu. Temuilah Goddess dan dia akan memberitahumu satu cara. Dia akan memberitahumu hanya anjing yang pintar yang bisa menemukan Sacred Land (ini kenapa anjingmu harus membunyai 5 hati). Pastikan, kamu tidak masuk ek Villa Clove karena jika kamu melakukannya maka akhir cerita Treasure Hunt II akan berakhir dengan Dia. Padahal kamu belum menyelesaikan Treasure Hunt I.

Terus berteman pada para penduduk desa, khususnya Tim dan Bob (Jangan bicara dengan Dia). Kamu juga harus bicara dengan Goddess untuk seleksi anjing di Goddess Lake. Jika kamu beralih ke akhir cerita yang lain, jangan khawatir tentang ini karena kamu akan melakukan banyak hal. Kamu tidak dapat tahu kapan waktu untuk event selanjutnya, akan terjadi begitu saja. Pada hari yang cerah, pergilah ke Villa Clove (tapi jangan bicara pada Dia) dan sebuaha degan akan muncul. Anjing Hero (tinggalkan dia di peternakan) akan lari darimu dan pergi ke Villa. Setelah Martha keluar untuk melihat apa yang terjadi, anjingmu akan mulai berlari k eke sebelah kiri Villa. Hero akan mengikuti anjingnya dan kemudian kalian berdua akan otomatis berada di Secred Land di Praria Forest. Tim muncul mengikuti gonggongan anjingmu dan memberi pujian tentang bagusnya kamu melatih anjingmu.

Kalian bertiga (Tim, Anjingmu, dan Hero) akan menjelajah ke Praria Forest dan kamu akan melewati sebuah batu peringatan yang besar dengan sebuah lapangan disampingnya. Tim and Hero akan memeriksa batu itu untuk beberapa saat dan kemudian Tim akan memisahkan diri darimu, faktanya bahwa dia pikir Sacred Land terlihat sama dengan tanah kosong lainnya. Sekarang baca tulisan yang ada di batu peringatan dan kamu akan menemukan kata yang berbunyi “Plant crops as land tells you and gold will appear”. Batu peringatan itu kemudian akan memberikan informasi lengkap tentang bibit apa yang akan ditanam (sebelum beranjak lebih jauh, pastikan kamu memiliki paling tidak 10 bibit dari macam-macam tanaman). Jika kamu melihat kea rah lapangan sebelah batu itu, kamu akan melihat ciri perbedaan pada kotak-kotak tanah. Kotak itu memiliki 4 simbol yang berbeda yang mana mewakili tanaman yang akan ditanam :

Star: Tanaman Akar (Kentang)

Square: Tanaman berwarna Kuning (Jagung)

Musical Note: Tanaman berwarna Coklat (Breadfruit)

Heart: Tanaman berwarna Merah (Tomat)


Sekarang tugasmu adalah menanam bibit di tempat yang benar, dan kemudian sirami mereka sampai berkembang. Kalau kamu menanam di tempat yang salah, kamu harus menggunakan Cangkulmu untuk menghapusnya. Kemudian jika kamu lupa bibit mana yang akan ditanam, datang lagi esok hari (atau lihat gambar dibawah ini) untuk menyelesaikan puzzle-nya. In case you plant the wrong seed on the wrong square, you can use your Hoe to remove the plant. Then if you forgot which seed you were supposed to plant, come back the next day (or look at our chart below) to complete the puzzle. Ketika kamu melihat ke batu peringatan dan melihat ke lapangan, kamu akan melihat lima baris dan lima kolom kotak dengan symbol masing-masing (mereka akan menghilang ketika kamu menanam tumbuhan).

Kemudian tanam tanaman mengikuti gambar yang benar dan sirami mereka setiap hari sampai tumbuhan siap dipanen. Setelah 8 hari berlalu, pergilah ke Sacred Land dan sebuah adegan akan muncul. Ketika kamu berjalan kesana aka nada peti harta karun disebelah batu peringatan. Kemudian Tim akan masuk dan mengucapkan selamat padamu karena telah menemukan harta karun. Setelah membuka peti itu Tim akan menyadari bahwa dia pikir itu adalah bibit dan dia ingin menumbuhkan mereka. Jadi Hero akan menyerahkan bibit itu ke Tim dan Tim pergi untuk menanam bibit itu.

Tim pergi dan bertanya pada Lyla jika dia dapat menanam bibit disalah satu pot nya, dan dia setuju. Kunjungi Flower Shop setiap hari dan hari ketiga sebuah adegan akan muncul. Tim akan mengunjungimu dan memberitahumu bahwa bibit telah tumbuh, kamu berdua akan berjalan ke Flower Shop dan kamu akan mengajukan pertanyaan bunga apa yang akan tumbuh. Setelah seminggu berlalu, Tim akan muncul di peternakan lagi dan memberitahumu bunganya telah mekar. Kalian berdua akan pergi lagi ke Flower Shop dan kamu akan melihat bunganya. Lyla akan berkomentar tentang bagaimana bunga tumbuh dan Parsley akan mengatakan bunga mempunyai warna keemasan. Lyla kemudian ingat bahwa neneknya pernah memberitahunya tentang Golden Fruit yang akan dibuahkan oleh bunga ini. Parsley akan meneliti bunga ini lebih lanjut.

Setelah 2 hari berlalu, Tim akan mengunjungimu lagi dan dia berkata bahwa bunga siap untuk dipetik. Ketika kamu sampai di Flower Shop, Lyla dan Parsley sudah berada disana. Setelah buahnya petik, Tim berkata buah itu mirip dengan Kentang (karena gelap dan tidak bersinar). Kemudian Woody dan Gwen akan melihat apa yang terjadi. Kemudian Parsley berkata bahwa itu adalah Golden Sweet Potato dan kentang itu sangat keras dan penuh nutrisi. Buah itu menjadi rumor bisa memberikan kehidupan yang abadi dan dinamai”Fruit of Happiness”. Woody kemudian akan mengingat kembali hari dimana buah ini adalah makanan yang dimakan saat pertama kali ada didesa. Kemudian Gwen menyarankan bahwa mereka mengadakan Festival Sweet Potato dan semua orang setuju festival itu dilaksanakan esoknya.

Hari berikutnya pergilah ke Walnut Forest (rumah Carpenter) dan semua adegan besar akan muncul. Woody menyuruh Bob, Joe dan Kurt mengerjakan sesuatu dan dia memberitahu mereka untuk menyiapkan meja. Kemudia Hero akan berjalan dan berbicara dengan Bob, Gwen, Ronald dan Wallace. Kemudian Woody akan bercerita tentang masa lalunya saat dia kecil. Kemudian Parsley akan muncul dan mengumumkan hasil lab. Kentang dan mereka menemukan bahwa banyak hal yang menarik dikentang itu. Nantinya mereka akan menggunakan tanaman itu untuk memberi makan orang-orang. Kemudian Parsley menyatakan taman hiburan tidak akan dibangun karena pulau merupakan potensi yang bagus dengan tumbuhan itu.

Setelah Festival kamu akan menemui Tim, Anjingmu dan Hero sedang berkeliling peternakan. Tim akan berbicara tentang desa yang berhasil diselamatkan. Tim juga berkata sangat senang karena sekarang dia dapat selalu kembali ketempat yang dia tahu. Kemudian Tim berkata akan pergi ke tempat lain untuk berpetualang, dan dia ingin kamu tinggal untuk mendengarkan ceritanya. Setelah Tim berjalan keluar, Hero perlahan menatap kea wan lalu layar menghilang secara perlahan.



Treasure Hunt II

Yang Terlibat: Tim, Bob, Dia, Martha, Gina

Akhir cerita ini sama seperti Treasure Hunt I hanya saja kamu akan melihat Dia menemukan Secred Land bukan anjingmu. Agar bisa mengakhir cerita dengan jaln cerita ini, pertama kamu harus berteman baik dengan Tim dan Bob. Pastika beri Tim telur (1 hari 1x) dan Very berrie untuk Bob (1 hari 1x).

Setelah berteman dengan Tim, Tim akan terkejur dan sangat senang. Beberapa hari kemudian Tim akan mengunjungimu dan membawa berita penting. Dia rupanya menemukan peta harta karun dan dia ingin kamu untuk membantunya menggali harta yang terpendam. Kamu kemudian akan pergi ke Walnut Forest (across from Sunny Garden Cafe/Bar) untk menggali harta terpendam. Tim akan mengikuti peta, menghitung, dan kemudian menemukan tempatnya. Hero akan mulai menggali yang disuruh oleh Tim. Ketika kamu membuka peti itu, kamu akan menemukan kumpulan mainan tua yang sangat banyak, sampah. Bob kemudian akan datang dan dia menjelaskan ketika dia masih kecil dia mengubur harta karun dan sudah melupakannya. Dia kemudian berkata benda-benda ini sangat penting baginya, tapi sekarang tidak. Adegan pun berakhir.

Berikan Telur dan Very Berries ke Tim dan Bob dan nantinya Tim akan mengunjungimu lagi. Kali ini dia menemukan peta harta karun yang lain, yang mana dia sebut peta harta karun sungguhan. Dia berkata bahwa bahwa ada sesuatu yang harus dilakukan dengan Secred Land di Praria Forest (sebelah utara Villa Clove). Tim tidak tahu apapun tentang Praria Forest, tapi dia memberikanmu salinannya. Ini adalah tempat yang kamu datangi. Tidak ada penduduk desa yang benar-benar tahu apa itu Secred Land jadi berbicara dengan orang-orang desa tidak banyak membantu.

Ini dimana akhir cerita kedua berubah. Pergilah ke Goddess, dan kali ini pergi juga ke Villa Clove dan temui Dia. Kamu harus berteman dengan Dia jadi mulailah berbicara dengannya setiap hari dan berikan dia Very Berries (1x 1 hari). Itu juga tidak akan berguna saat enggunakan pilihan “Girl” dengan Goddess untuk meningkatkan pertemanan dengannya lebih cepat. Saat kamu sudah cukup berteman baik dengannya, pergilah ke Villa Clove (dari jam 12:00 OM sampai 4:00 PM) setiap hari sampai sebuah adegan muncul. Dia akan memberitahumu bahwa dia tidak tahu apapun tentang Secred Land tapi dia akan mencarinya untukmu.

Sekarang kamu harus mengunjunginya setiap hari dan berian dia Very Berries (Blue Berries) sekitar jam 12:00PM sampai jam 4:00PM. Sesekali dia akan memintamu mendengarkan ceritanya dan dia akan memberikan kamu sedikit ceritanya. Nantinya dia akan cerita ternyata dia ditinggalkan oleh orangtuanya di Villa Clove dibawah asuhan Martha dan Gina. Dia ingin dapat bicara dengan mereka dan dia ingin bertindak layaknya orang dewasa. Dia akan mengakhiri pembicaraannya dengan berterima kasih padamu karena sudah mengdengarkannya. Setelah berterima kasih dia nantinya akan mengunjungimu (harinya acak). Terus berikan dia berries sampai ini terjadi. Nantinya satu pagi dia akan mengunjungimu untuk berbincang. Dia akan mengatakan dia telah mempelajari bagaimana cara masuk ke Secred Land di Praria Forest. kemudian kamu akan melihat Dia dan Hero berada di Villa Clove mencari sesuatu di sebelah kiri Villa. Dia berkata bahwa gerbangnya ada disekitar sana. Setelah melewati waktu untuk menemukannya kamu berdua tiba-tiba akan berada di Sacred Land.

Saat memasuki gerbang kamu akan melihat sebuah batu peringatan di depanmu, ada ladang dengan 5 kotak yang terdiri dari 4 simbol berbeda (ada sumur didekatnya). Dia akan membimbingmu ke batu peringatan itu dan membaca tulisannya. Tertulis “Plant crops as land tells you and gold will appear”. Dia berkata seperti ada maksud tersembunyi dibalik kata-kata itu dan dia meninggalkan kamu sendirian. Terus membaca dan itu akan memberikan kamu solusi dari puzzle itu.

Dibawah ini adalah arti dari symbol tersebut. Pastikan sebelum datang kamu memiliki 10 bibit dari macam-macam tanaman. Kemudian tanam bibit dengan benar mengikuti kode dibawah.

Star: Tanaman Akar (Kentang)

Square: Tanaman berwarna Kuning (Jagung)

Musical Note: Tanaman berwarna Coklat (Breadfruit)

Heart: Tanaman berwarna Merah (Tomat)


Sekarang tugasmu adalah menanam bibit di tempat yang benar, dan kemudian sirami mereka sampai berkembang. Kalau kamu menanam di tempat yang salah, kamu harus menggunakan Cangkulmu untuk menghapusnya. Kemudian jika kamu lupa bibit mana yang akan ditanam, datang lagi esok hari (atau lihat gambar dibawah ini) untuk menyelesaikan puzzle-nya. In case you plant the wrong seed on the wrong square, you can use your Hoe to remove the plant. Then if you forgot which seed you were supposed to plant, come back the next day (or look at our chart below) to complete the puzzle. Ketika kamu melihat ke batu peringatan dan melihat ke lapangan, kamu akan melihat lima baris dan lima kolom kotak dengan symbol masing-masing (mereka akan menghilang ketika kamu menanam tumbuhan).

Kemudian tanam tanman sesuai gambar di atas dan kemudian sirami setiap hari sampai siap untuk di panen. Setelah 8 hari berlalu, pergilah ke Sacred Land dan sebuah adegan akan muncul. Ketika kamu berjalan ke sana aka nada peti harta karun disebelah batu peringatan. Kemudian Dia akan masuk dan mengucapkan selamat padamu karena telah menemukan harta karun. Setelah membuka peti Dia akan berfikir kalau itu adalah bibit dan ingin menumbuhkan mereka. Jadi Hero memberikan bibit pada Dia dan Dia pergi untuk menanamnya.

Dia pergi dan bertanya pada Lyla jika dia dapat menanam bibit disalah satu pot nya, dan dia setuju. Kunjungi Flower Shop setiap hari dan hari ketiga sebuah adegan akan muncul. Dia akan mengunjungimu dan memberitahumu bahwa bibit telah tumbuh, kamu berdua akan berjalan ke Flower Shop dan kamu akan mengajukan pertanyaan bunga apa yang akan tumbuh. Setelah seminggu berlalu, Dia akan muncul di peternakan lagi dan memberitahumu bunganya telah mekar. Kalian berdua akan pergi lagi ke Flower Shop dan kamu akan melihat bunganya. Lyla akan berkomentar tentang bagaimana bunga tumbuh dan Parsley akan mengatakan bunga mempunyai warna keemasan. Lyla kemudian ingat bahwa neneknya pernah memberitahunya tentang Golden Fruit yang akan dibuahkan oleh bunga ini. Parsley akan meneliti bunga ini lebih lanjut.

Setelah 2 hari berlalu, Tim akan mengunjungimu lagi dan dia berkata bahwa bunga siap untuk dipetik. Ketika kamu sampai di Flower Shop, Lyla dan Parsley sudah berada disana. Setelah buahnya petik, Tim berkata buah itu mirip dengan Kentang (karena gelap dan tidak bersinar). Kemudian Woody dan Gwen akan melihat apa yang terjadi. Kemudian Parsley berkata bahwa itu adalah Golden Sweet Potato dan kentang itu sangat keras dan penuh nutrisi. Buah itu menjadi rumor bisa memberikan kehidupan yang abadi dan dinamai”Fruit of Happiness”. Woody kemudian akan mengingat kembali hari dimana buah ini adalah makanan yang dimakan saat pertama kali ada didesa. Kemudian Gwen menyarankan bahwa mereka mengadakan Festival Sweet Potato dan semua orang setuju festival itu dilaksanakan esoknya.

Hari berikutnya pergilah ke Walnut Forest (rumah Carpenter) dan semua adegan besar akan muncul. Woody menyuruh Bob, Joe dan Kurt mengerjakan sesuatu dan dia memberitahu mereka untuk menyiapkan meja. Kemudia Hero akan berjalan dan berbicara dengan Bob, Gwen, Ronald dan Wallace. Kemudian Woody akan bercerita tentang masa lalunya saat dia kecil. Kemudian Parsley akan muncul dan mengumumkan hasil lab. Kentang dan mereka menemukan bahwa banyak hal yang menarik dikentang itu. Nantinya mereka akan menggunakan tanaman itu untuk memberi makan orang-orang. Kemudian Parsley menyatakan taman hiburan tidak akan dibangun karena pulau merupakan potensi yang bagus dengan tumbuhan itu.

Setelah Festival, Dia akan muncul di peternakanmu dan dia akan memberikanmu makanan. Hero bereaksi tidak menyukai makanan itu dan Dia meminta maaf. Dia berkata dia akan sering belajar masak. Dia berkata dia senang berada di Villa Clove dan dia gembira berteman denganmu. Sepanjang proses pertemanan dia menjadi lebih baik dan sedikit tidak egois. Kemudian dia menyatakan bahwa dia jatuh cinta pada Hero dan menciumnya dia pipi, kemudian layar menghilang perlahan. Ahhhh . . . So sweeetttt. . . >.<

358 komentar:

  1. yg treasure hunt 1 saya udh bicara kepada DIA nih gmana donk???

    BalasHapus
    Balasan
    1. owalah aku kira treasure hunt 1&2 itu sma aja endingnya.
      klo gtu aku sihsdhyg ama Dia itu XD

      Hapus
    2. kk pas bunga blue mist nya layu trus d appain lgi K ???

      Hapus
    3. KK, kka bilang pas sudah berteman baik dgn louis datang ke danau maple lake truzz kita mlihat louis lgi main flute .tapi aku coba bukan lagi main flute tapi lagi ngasih makan burung nya ??? . gman donk K

      Hapus
    4. Maaf br blz, udh coba ngomong sama si Louis na?

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak, yang fish story di kasih herb yang apa? plus dikasih ke kurt ato woody?
      thank merhatiin koment aku... :)

      Hapus
  3. k kan udh masuk ke villa di sana terjadi CS dgn dia trus gimna laghie,, pergi ke goodes lake gx ada apa" ??
    please jwb kk cntik ,, hehe

    BalasHapus
  4. dteng ke vill jam 12-4 pm, nah abis tu ngomong sma dia.
    will you lend me an ear, jwblah yes.
    trus lah sprti itu setiap hari, dan pada suatu hari dia akan datang ke pertenakan mu dia sudh tw bagaimana msk ke Sacred Land.

    _Indahnya Berbagi_

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo treasure hunt 1 gmana bang?

      Hapus
    2. pas udah dapet peta kedua, terus gmana lagi?

      Hapus
    3. Terus ngasih kesukaan na warga desa
      ^^

      Hapus
    4. tanyanya dia harus dekt sma lantai villa

      Hapus
  5. kak aq udh dpet blue mist seed
    tp gk bisa nanem nya
    coz petak di godness lake tu udh pernah aq cangkul sebelumnya
    gmn donk???

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat nambang
      jadi gak bisa di tanem bibitnya

      Hapus
    2. Bisa. Tekan X dekat2 tanah. Nanti ada Question : "Sow Blue Mist Seed?" atau apalah, jawab Yes.
      Udah deh. Tertanam Blue Mist Seed-nya. Trus tinggal siram deh tiap hari sampe Bloom (ngembang). ^_^

      -Kennedy-
      kennedysamuelsinurat@rocketmail.com

      Hapus
    3. Makasih bantuan na ya Kennedy Samuel
      ^_^

      Hapus
    4. Sama-Sama, kak.
      ♔(^▽^)♔

      Hapus
  6. gan,,pas bicara sama kurt, tentang azure showtail...wody nya tidak ada itu gmana gan???..cuma datang perinya dan para kurcaci nya doang...itu gmna??!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga ap", jalanin aja ^^

      maaf br blz, komen na masuk ke spam
      T^T

      Hapus
    2. kka apakah harus 1 tahun buat nyelesaiin 9 ending..??
      Jawab Please...

      Hapus
  7. KAK saya dah dapet seed blue mist tapi gk bsa di pake gimana donk kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa kok, kyk yg di bilang sama mas anomin di bawah
      ^^

      Hapus
  8. Tekan X kalo mau menanam seed blue mist

    BalasHapus
    Balasan
    1. tekannya pada lhan d dkat peri yng udah d cangkul nanti ada pertanyaan sow the blue mist seed?

      Hapus
    2. itu MN STH di mana di PC/PS2..??

      Hapus
  9. Kak, boLeh Request gg ??
    Kalow boleh, aku minta tolong nih.
    Jelasin dong semua judul/tipe Harvest Moon-nya.
    Ex :
    1. Save the HomeLand - PS2
    2. A WonderfuL Life - PS2
    3. Back To Nature - PS1

    Gitu, kak.
    BoLeh, yahh ??
    ♔(^▽^)♔

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia, boleh ^^

      di sini aja ya ^^
      - Nintendo wii :
      Harvest Moon: My Little Shop
      Harvest Moon: Animal Parade
      Rune Factory Frontier
      Harvest Moon: Magical Melody
      Harvest Moon: Tree of Tranquility

      - NDS :
      Harvest Moon: The Tale of Two Towns
      Harvest Moon: Grand Bazaar
      Rune Factory 3
      Harvest Moon: Frantic Farming
      Harvest Moon: Island of Happiness
      Rune Factory 2
      Rune Factory
      Harvest Moon: Puzzle de Harvest Moon
      Harvest Moon: DS Cute
      Harvest Moon: DS

      - PSP :
      Harvest Moon : Hero of Leaf Valley ( Kesukaan q ) >.<
      Harvest Moon : Boy & Girl
      harvest Moon : Innocent Life

      - Nintendo GameCube :
      Harvest Moon: Magical Melody
      Harvest Moon: Another Wonderful Life
      Harvest Moon: A Wonderful Life

      - PS2 :
      Harvest Moon: Innocent Life Pure
      Harvest Moon: Another Wonderful Life Special Edition
      Harvest Moon: Save the Homeland

      - Game Boy Advance :
      Harvest Moon: More Friends of Mineral Town
      Harvest Moon: Friends of Mineral Town

      - PS 1 :
      Harvest Moon: Back to Nature for Girl
      Harvest Moon: Back to Nature

      - Nintendo 64 :
      Harvest Moon 64

      - Game Boy Colour :
      Harvest Moon 3
      Harvest Moon 2

      - Game Boy :
      Harvest Moon

      - Super Nintendo :
      Harvest Moon

      dah ^^

      Hapus
    2. kk ada free medicine ya khusus bwt anjing

      Hapus
    3. ada tau caranya pada saat anjingmu sakit datang ke brownie farm lalu bicara dengan bob lalu kamu tiba-tiba di rumah lalu bob memberi anjing mu obat

      Hapus
    4. mank anjing na lagi sakit?

      Hapus
  10. Kk event preasur hunt 1 n 2 susah bgt adegan nya g muncul"

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia, emang susah. mesti sabar
      ^__^

      Hapus
    2. Kk mau tanya lgi
      nanem blue mistnya di blan ap sih kak....?
      ma 1 lagi nama fb kk ap.....?

      Hapus
    3. fb q

      Zhoya Ithhuu Chomsah
      ^^

      nanti kalo wktu na nanem klo ga salah inget Lyla na dateng ke qm dehh ^^

      Hapus
    4. kalau mau treasure hunt 1 n 2 kasih tim makanan buatan rumah yang manis . besok pagi pasti tim datang ke rumah kita ngajak cari harta karun . saya pernah dapat ending ini tapi tidak selesai

      Hapus
    5. karena yang selesai duluan ending cake contest dan saya gak minat dengan ending tersebut

      Hapus
    6. maaf baru blz

      walah, bs gt. . .

      Hapus
  11. k knp fhisi story sy duluan dulu di kasih liat ikan nya br dsrh beli pancingan

    BalasHapus
  12. Dimana dapatin walnutnya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. cuma bisa di temuin saat summer sama fall
      di clove villa, harvest goddess lake, maple lake, temukan dekat villa, sebelah kiri goddess lake, sama di sebelah cafe/bar
      ^__^

      semoga membantu ^^

      Hapus
  13. kk , Goddess dress itu lama banget ya di jalanin.
    kira - kira kalau dapat ending ini dari spring 23 , selesai nya kapan ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. waduhh, itu baru mulai ia??
      masih lama selesainya
      ^^

      Hapus
    2. oh, gitu yak , kak thk ya

      Hapus
    3. kalau mulainya tanggal 23 spring maka selesai pada musim fall

      Hapus
  14. Kk jumlah power berry di harvest moon save the home land ada berapa dan di mana aja tempat nya .....?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cari ja di Harvest Moon : Save the Homeland (power berry)
      ^^

      Hapus
  15. koq enggak bisa di copy sih tulisannya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia, maaf ya, klo mau q kirim lewat fb atau email
      ^__^

      Hapus
    2. Kasih aq email qm, kalo ga, kirim pesan lewat fb q ya ^_^

      Hapus
    3. K ZHOYA ..
      aku juga mau dunk ini artikel'a ..
      email q ..
      hanaluphiu@yahoo.com

      tolong di bantu ya .. ^_^

      thx ..

      Hapus
    4. Cek email ya


      maaf br bisa kirim
      ^^

      Hapus
  16. pasti di neoseeker nyari endingnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. maksud na??
      neoseeker itu web ya??

      q ga nyari di situ ^_^

      Hapus
  17. Kak jawab yaaa kalau bunga Blue Mist mati gimana donggg????? :(

    BalasHapus
  18. maaf, ending azure swartail kok tak bisa saya selesaikan sih??saya mainnya dari spring tapi udah 1 minggu nggak ketemu juga, padahal saya sudah ikutin instruksi anda,
    gimana doong???

    BalasHapus
    Balasan
    1. tiap hari na dah di kasih kesukaan mereka blm??
      q tamat kok ^^

      Hapus
    2. kalau masih bingung beli aja buku panduan Harvest moon : save the homeland. ada di jual di mal . disitu panduan nyelesain ending tapi gak lengkap kayak blog ini

      Hapus
    3. maaf br blz ya

      ho oh, di mal di tukang ps bnyk kok yang jual

      Hapus
    4. kk sya tdk dtng pd mlm hri pd azure swallowtail ngefek gk???

      Hapus
  19. kk aku pingin kuda putih tapi malah di kasih kuda coklat. gimana donk ???? T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari awal qm na kan mesti sikat sama ajk omong kuda yang qm mau pertama kali na. . .

      ^^

      Hapus
  20. bgaimana cara cepat dapetin silver fish

    BalasHapus
    Balasan
    1. berteman baik dengan Joe, Katie, Kurt, Louis sama Woody ^^

      Hapus
  21. mengapa tak terjadi kejadian ketika saya masuk ke praria forest

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yakin dah berteman dengan penduduk yang bersangkutan blm???
      ^__^

      Hapus
    2. udh ngasih telur atau very berry tiap hari sama tim n bob?

      Hapus
    3. kak,jam brapa aku harus ke villa?

      Hapus
  22. all aku mw ngerjain misi horse race pass waktu time attack nya kan disuruh mengalahkan waktu gwen 52 second aku selesai dgan waktu 51 second tapi kok di suruh ulang lgi??? jawab donk all plizz

    BalasHapus
    Balasan
    1. kasi kue kepada bob nanti bob akan kerumahmu untuk ngajakin kamu balap kuda

      Hapus
    2. tapi yg time attack nya blom selesai.gmna cara ngerjain nya??

      Hapus
    3. coba dengan waktu yg lebih singkat? 45 detik misalnya. . . .
      ^^

      Hapus
    4. tapi kuda ku gk bisa 45 detik max nya cuman itu 51 second

      Hapus
    5. di coba terus . . . .

      nnti juga bs ^^

      Hapus
    6. g perlu slesaiin time attack..
      Yg penting bs kalahin Gwen =D

      Hapus
  23. sorry aque dah slesai copy puxa amue

    BalasHapus
  24. emang di harves moon ini g bisa nikah and punya istri ya
    tlng blz
    yg tau please!

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf ya br blz ^^

      ya, hm save the homeland ga bs nikah, maka na Natsume bikin remake game ini, nama na Hero of Leaf Valley konsol psp. tp, walau bs nikah ga bs punya anak T^T
      tp, banyak event" yang seru ^^

      Hapus
  25. tolong di blz teks q yg ada di atas

    BalasHapus
  26. cc zhoya aku boleh ngecopas smua ending harvest moon save the homelandnya ga?
    klo boleh tolong kirim ke email aku
    matezaf@yahoo.com / paluitenggeng@yahoo.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf br blz, ia smw yg kasih email ke aq bsk bru pada q kirim in pake format ms. Word ^_^

      Hapus
    2. klo bisa sih langsung copas aja trus kirim ke email ku...biar cept dikit

      Hapus
    3. udh q kirim kmrn. dah terima kah?

      Hapus
  27. Oh ya satu lagi gimana caranya mendapatkan golden egg, saya sudah taru ayam diluar selama musim panas udh 2minggu tapi ayam tidak bisa mengeluarkna golden egg, begitu juga golden milk

    BalasHapus
    Balasan
    1. maaf, br blz

      aq ja 3 musim baru dapet golden egg
      ^^

      rajin taro di luar dah, klo bsk na hari cerah, tinggalin aja di luar ^^

      Hapus
    2. hewannya ajak bicara stiap hari

      Hapus
    3. aq baru 2 minggu dapet golden egg sama golden milk , terus gak ku kasih makan cuma taro di luar hewannya,disikat setiap hari , dan klo ujan taro dalem hewannya dan kasih makan klo dalem kandang ^^

      Hapus
    4. aq pertama maen sth, krn ga tau cara na maka na 3 musim baru dapet golden egg sama golden milk
      :P

      Hapus
  28. Saya kok nyelesain ending azure slawotail kok tidak selesai2, udah sampai si parsley meneliti tentang bunga blue mist, tapi udah 3 minggu gak ada respon apa2, ke toko louis tiap hari pun tidak ada tayangan sedang memberikan kamera ke lyla ada apa nih kira2 zhoya? saya sduah berteman baik dengan yang bersangkutan, malah ending2 baru yang muncul

    BalasHapus
    Balasan
    1. bagus dunk, malah ending yg laen pada muncul. nnti juga ending azure na muncul, walau agk lambat ^_^

      klo ending smw, share" yaa
      ^__^

      Hapus
    2. mungkin kmu tdk bertmn sm louis

      Hapus
  29. Kak mau nnya..saya kan lg nyelesaiin misi cake contest....trs tiba2 si Tim dateng..jadi otomatis saya ngerjain 2 misi..cake contest sama treasure hunt..kalo saya ngomong sama Dia..kira2 saya nyelesaiin cake contest atau treasure hunt??saya mau nyelesaiin cake contest dlu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmm, bisa salah satu na ajj yang selesai, tp bs juga dua" na selesai, cuuumaaa, salah satu ending bakalan lamaa ^_^

      Dia bakal ikutin alur cerita na kok.

      Hapus
  30. kak mau nanya nih .. kan aq dah di datengin sama Kurt terus disuruh ngumpulin Herb , nah kasih Herb nya ke Siapa ? ( Fish Story )^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mank ada ya kaya gt?
      kasih ke Kurt na lg mungkin?
      ^_^

      sorry, waktu maen STH kyk na q ga ktm adegan yg itu T^T

      Hapus
    2. udah kak terus kurt bilang " boss ( woody ) ingin memintamu untuk mencariakam beberapa herb " dan kurt tidak percaya bahwa ada legendary silver fish di desa ini...

      Hapus
    3. Maaf br blz yaaaa
      ^^

      lanjutin aja. . .

      Hapus
  31. kak, kalo kategori HM a wonderful life ada nggak kak ??

    BalasHapus
    Balasan
    1. G ada. blm buat, q na lg translate HM TTOTT
      ^^

      Hapus
  32. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hy kalo boleh ikut gbung we mau nanya nich kk
      kok alice di holv gak keliatan hatinya knpa tu kk
      1 lgi kok fb kk gak bisa ku follow(tambah sebagai teman)
      bisanya cuma beri pesan doang knpa
      thank

      Hapus
    2. Maaf, br blz. qm bisa ngasih barang kesukaan na mulai awal permainan, nyelametin dy dari Mecha yg dy bikin bwt hancurin desa, nnti na awal tahun ke tiga, hati na bkal muncul di buku dan di kotak dialog na
      ^^

      Hapus
    3. power berry yang ada di marple lake tandanya kyk sepatu/kaleng pastikan memancing di dket phon

      Hapus
  33. ka tau tips harvest moon a wonderful life ga

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aq blm an bikin untuk awl, q lagi translate HM TTOTT
      ^^

      Hapus
  34. saya pengaggum harvest moon juga,, dari 4 judul harvestmoon, saya kurang tau tentang cara pernikahan di harvestmoon save the homeland,festifalnya tgl berapa di musim apa serta mendapatkan kuda bagaimana ? padahal saya sudah membantu bob u/k mengurus kuda n sapinya... bgmna tuh ?? dan juga saya sudah masuk musim ke 2 tahun musim summer. awalnya anjing sudah sya dapatkan + kandangnya juga+bgun rumah.beserta 6 ayam + gold egg dan sapi 6 + susu gold & susu L tapi mendapatkan kuda sulit. festifalnya tiap tgl apa saja di musim apa ?? terimakasih ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf br blz
      ^^

      Harvest moon Save the Homeland ga bs nikah T^T
      yg bisa nikah, remake na dari Save the Homeland yg nama na Hero of Leaf Valley, pemain na sama dan ada tambahan na jg, bisa nikah jg. tp, ga bs punya anak. kalo soal Event n Ending, q lebih seuka yg Hero of Leaf Valley
      ^__^

      Hapus
    2. kalo untuk kuda, wktu awal permainan, kamu kerja part time aj di tempat na Bob, trus pertama kali sika kuda yang qm pengenin, nnti musim ke dua atau ke tiga, si Bob ke rumah, bawa kuda yang sering qm sikat pertama kali ^_^

      Hapus
  35. pas udah dapet peta ke2 gmana lagi kak< treasure hunt 1

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terusin aja. . . .

      deketin orng" yang terkait dalam Treasure Hunt 1
      ^^

      klo berhasil share" Ya
      ^__^

      Hapus
    2. Kak Kalo Nanem bunga blue mistnya pada bulan fall gak bisa ya ???

      Hapus
    3. Ga bs, mesti na summer ^^

      maaf br blz
      ^^

      Hapus
  36. kak yg goddness dress itu saya uda kasi sutranya tapi godnessnya ga dateng" gimanaa yaaa

    mohon pencerahan

    BalasHapus
  37. Pebcerahan???
    hehehehhehehe

    lanjutin aja, jangan lupa tetep eksis sama si Goddess, kasih kesukaannya dia. trus sering - sering lewat depan tempat dy dah
    ^^

    BalasHapus
  38. aku dapet 3 ending sekaligus ( azure swallowtail, bluebird, a fish story ) tapi kebanyakan jadi ngegantung gitu engga selesai. harus digimanain tuh kalo gitu ?

    BalasHapus
  39. kok g bisa di copy paste yah please harus bisa di copy buat aku print

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kirim lewat email. . .
      ^^
      kasih aja email qm ^^

      Hapus
  40. kak, aku mau di print nihh, tolong kirim ke email aku yahh chosarh46@gmail.com yaa.. thankyou ^^

    BalasHapus
  41. kak fb ya apa.....?
    add aku kak marinircuy@yahoo.com

    BalasHapus
  42. Kak Zhoya, aku kok udah kasih hadiah ke Parsley, Lyla, dan Louis tiap hari kok belum juga ada Blue Mist ya?
    Oh ya Kak, anjingku kan belum punya 5 hati, tapi udah ada scene si Tim nunjukkin peta harta karun.Kalo kayak gitu, itu udah termasuk Treasure Hunt,belum?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Klo untuk hadiah ke Parsley, Lyla, Louis nnti ada kok event na. jgn lupa datengin rumah mereka dan rumah warga yg lain.
      klo untuk Tim, ia itu udah termasuk ke treasure hunt ^^

      Hapus
    2. Oh gitu ya, makasih ya.
      Eh, aku kan udah selesai Endangered Weasel, terus tiba-tiba jadi Spring padahal tadi Summer. Kalo ending udah selesai memang gitu ya?

      Hapus
  43. kak,dulunya aku gak tau main harvest moon. jadi aku main asal-asalan sampe 1 tahun, terus disuruh ngulang lg. aku save datanya, terus main lagi.nah, buat ending Bluebird ma A Fishy Story kayakmana tuh? Aku udah punya flute sama pancingan tadinya. sampe sekarang aku dah temenan sama mereka tapi belum keluar juga? Gimana ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. yakin udh berteman? udh sering maen jg ke rumah mereka?

      Hapus
    2. udah kok.. aku udah dapet tapi untuk cerita selanjutnya lama banget padahal aku udah berteman.
      Oh iya, satu lagi. Aku udah selesai bikin Moondrop Dew, terus golden milk dan egg-nya aku kasih ke Katie, ya?

      Hapus
    3. Ia, kasih ke Katie. tp, pastiin dlu qm udh bener" deket sama Katie. bawa barang na trus deketin si Katie. Liad ad pilihan untuk ngasih Golden Milk n Egg na ga. . .

      Hapus
  44. Bro.. ane dah temen deket ma KATIE..!!
    ane dah dikasih buku dari DIA ..
    Trus kyk kotak dari LOUIS
    nah cara bikin Moondrop Dew & kasih G.Egg/G.Milk ke KATIE.. carana gmn ane dah tiap hari kasih KATIE keju dan tak tanya"in trus.. tapi kgk ada cerita gitu ? gmn ya mohon infonya..!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba ke peri na juga, soal na bikin Moondrop Dew na ada sangkut pautnya sama si peri ^^

      Hapus
  45. kk saya mau print,,,

    mnta tolng di prin dong,,,

    fauzi.zaki@gmail.com

    tolong y kk,,,

    BalasHapus
  46. kak zhoya, bleh mnta semua info tentang harvest moon save the homeland gk,,??
    tolong kirimin yh kak ke muhamadhasan339@yahoo.com ..
    makasih sebelumnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk kiriman na di tunggu ya, 1 mnggu an. q na lg usaha juga biar cepet terkirim
      ^^

      Hapus
  47. kak zhoya, mau nanya.. pengen minta jelasin apa maksud tulisan di kaka di treasure hunt 1 "pada hari yang cerah, pergilah ke cloves villa (jangan bicara dengan Dia) dan sebuah adegan akan muncul".saya udh masuk ke villa, tapi ga pernah ada CS, udh hopeless bgt udh 29 spring. saya udh ngasih ke semua pddk desa, udh ada 3 ending malahan, tapi gasaya hiraukan.. mohon bantuannya kak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tunggu aja, kalo ga salah nnti event na Summer. jangan lupa ke Goddess jg ya
      ^__^

      Hapus
    2. ke goddess itu ngapain kak? saya ke selalu ke goddess tapi dia hanya menanyakan untuk wishes, sama sekali tidak ada hubungannya dengan Treasure Hunt 1.. saya pernah ke goddess, dia hanya berkata kalauu anjing pintar yang dapat menemukan sacred land. nahh saya ingin tanya lagi, maksud tulisan ini "kamu juga harus berbicara ke Goddess untuk seleksi anjing di Goddess Lake". padahal saya dari awal kan sudah punya anjing, maksdunya apa? mohon bantuannya :'

      Hapus
    3. nih kak, saya juga pengen nanya, saya juga nyari di blog orang ada yg instruksi treasure hunt 1 nya sama ada juga yang beda.. contohnya kaya gini : Lanjutkan dengan hidup Anda, memberikan perhatian khusus pada Tim dan Bob. Tim akhirnya akan kembali ke peternakan Anda dengan peta harta karun nyata, yang ia akan pergi dengan Anda. Ambil hari berikut ini untuk mendapatkan ekstra-istilah yang baik dengan anjing Anda. Ketika Tim adalah sampai di Villa Cengkeh (biasanya dari 11:00-2:00), membawa anjing Anda di sana. Jika waktu yang tepat, dan Anda dicintai oleh anjing Anda dan Tim, anjing Anda akan menemukan jalan ke Tanah Suci. Di Tanah Suci, Anda akan menemukan sebuah kantong benih. Ambil benih-benih suci dan tanaman mereka di plot di sebelah toko bunga. Air mereka setiap hari sampai Anda mendapatkan berakhir Treasure Hunt.

      kalau di instruksi itu, kita ngasih anjing nya pas di cloves villa bukan di keseharian misal di samping Ronald's Supermarket. sebenernya bener yg mana kak? maaap banyak tanya

      Hapus
    4. uwaduhh semua pertanyaannya mewakili semua pertanyaan gue, wakakak.. help us!

      Hapus
    5. @Ilham Corvenator : Itu Liad dimana??
      Bhs na berantakan. .
      >.<

      nnya ga ap ko. perbedaan kan bakal an da terus. . .
      ^^

      Goddess itu suka bawa pengaruh untuk kelanjutan event" yang bakal terjadi. misal na aja klo qt ketempat si Goddess, ehh malah ketemu event sama si Dia na. . . coba kunjungin aja tempat na si Goddess, jgn cuma ada di Clove Villa atau nunggu event di luar rumah. usahain masuk ke rumah penduduk desa juga. biasa na ada event yang ngebantu. . .
      ^^

      semoga bs membantu. klo kurang jelas, bs kirim pesan ke fb q
      ^^

      Hapus
    6. okehh, kaka udah selesai ending treasure hunt 1? itu kaka dpt ending di cloves villa nya tgl berapa musim apa?

      Hapus
    7. hmm. . . ga sampe abis. keburu mlz soal na ga bs wedding
      ^__^

      sorry ya br blz

      Hapus
    8. tapi kaka udah dapet cut scene di cloves villa yang anjingnya nemu sacred land belum?

      Hapus
    9. ahhh udah males sama Treasure Hunt 1.. saya ngeload game saya masih 4 spring.. oh ya kak, saya kan udah dapet benih yang warna emas di treasure di sacred land.. setelah itu saya boleh memanen semua tanaman disana ngga? kalo misalkan saya metik, abis itu masih harus nyiram tanaman disana lagi ngga? mohon dibales cepet ya..

      Hapus
    10. ohh iya lupa, komentar saya yang sebelumnya itu buat Treasure Hunt 2 yaa..

      Hapus
    11. kyk na ga selesai smw deh. karna bosen q lari na ke psp maen remake dari save the homeland. . .
      ^^

      maaf ya br blz ^^ pesan ke fb ajj klo mau cpt di blz

      Hapus
  48. aku minta artikel yg ini dong....kirimin ke bilal.crenz@yahoo.com trima ksih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Untuk kirim mengirim di usahan 2 mnggu lg
      ^^

      nunggu program q dah bener
      ^^

      Hapus
  49. kk ko Dia nya ga datang-datang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. sabar ajj, atau pergi ke goddess . . .
      ^^

      maaf br blz
      ^^

      jgn lupa kasih kesukaan na Dia ya

      Hapus
    2. udah semua,Dia udah bilang terima kasih sama aku tapi ga datang2

      Hapus
  50. HM STH ada merid na ga??

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga bs. yang bisa remake na STH, Hero of Leaf Valley. ada bbrp tambahan karakter na ^^

      Hapus
  51. Kk klo Treasure Hunt 1 anjing ny taro dmn ?
    Hari apa ?
    Jam berapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. untuk hari ga tentu. . . .

      yg penting sih cerah. klo jam juga ga ad yg tau, cuma dtg na klo bisa pagi ^^

      klo soal anjing, bawa ajj ga apa

      Hapus
  52. saya masih bingung dengan treasure hunt 1 dan 2 ?

    BalasHapus
  53. kak zhoya treasure hunt 1 anjing kita harus diajak kesana ?

    BalasHapus
  54. kak kalo treasure hunt 2 ceritanya dia harus terus didengerin ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dengerin aja, ga ada salah na kok dengerin Dia ngobrol
      heheheheh

      maaf br blz
      ^^

      Hapus
  55. Kak gimana cara na dapet cut scene yang di villa
    >Treasure Hunt 1<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berteman baik sama Dia dlu coba. .

      maaf br blz

      Hapus
    2. alamat FB.nea apa kka...??
      aq cari'in nama "ZHOYA" koq ga ada yah...??
      soal.nea aq masih butuh bimbingan dari kka untuk mnyelesaikan treasure hunt 1...
      klo bza add FBq e-mail.nea alexanderstefanus@ymail.com
      aq tunggu panggilan.nea ya kag...

      Hapus
    3. @Stefanus : Itu ada di sebelah kanan atas FB na. di klik aja langsung ^^

      Hapus
  56. kag...??
    koq aq udh dpt map yg ke-2 kan mau nyelesai'in treasure hunt 1 koq aq udah mondar mandir di villa ga ada ending apa" ya...??
    kan suruh berteman ama smua pnduduk, itu harus semua ato orang tertentu...??
    truzz anjing yg d butuhkan cman anjing yg pnya 5 hati ato asalkan anjing kita suka sama kita...??
    mohon bimbingannya...

    BalasHapus
  57. ada yg mw nyelesai'in ending "a Fishy Story"...??

    BalasHapus
  58. Kalian udah dapet kuda belum ?
    Kalau udah dapet, kapan dapetnya ?
    Aku udah bulan ke dua ni, tapi belum dapet kuda juga
    Emang wajar ya 2 bulan belum dapet ?
    Mohon jawabannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. caranya:
      1.kerja sama bob
      2.kasih barang" kesukaannya bob
      3.klo mw warna kuda yg di'inginkan, hari pertama kerja loe harus sikat kuda yg mw loe miliki aja( jgn lakukan pkerjaan apapun selain menyikat kuda yg loe inginkan)
      hari selanjutnya kerja di bob kerja aja spt biasa nya... menyikat semua kuda dan sapi... ajak bicara... memberi makan mereka...
      paling" 2 minggu udah dpt kudanya...
      ~SEMOGA BERMANFAAT~

      Hapus
  59. moga aja orang yg tw blog ini tambah banyak...
    soalnya mw tanya"...
    wkwwkwkwk
    klo mw tanya" ama saya mengenai harvest moon save the homeland...
    nie nomer saya
    083842106495
    thanks

    BalasHapus
  60. Kak aku kan lagi menyelesaikan ending fishystory.. Aku udh sampe yg Kurt suruh nyari herb.. Mau nanya, itu ngasihnya kapan? Itu seperti kita ngasih biasa atau terjadi cutscene? Mohon bantuaannya kak dan siapapun yg melihat komentar ini!

    BalasHapus
  61. gwe ga punya waktu untuk mnjelasin....
    sms gwe aja di nomer di atas...
    pulsa modem mau abizzz
    pulsa nya mau abis...
    sekaratttt

    BalasHapus
  62. kk add fb aku donk soal nya aku ga bisa add fb kk cuma ada bacaan pesan aja trus kirimin aku artikel yg ada di atas

    fb aku:luthfi nax cikarang

    BalasHapus