Selasa, 08 November 2011

HARVEST MOON HERO OF LEAF VALLEY (Hewan Peliharaan)

HEWAN PELIHARAAN

Hewan di Hero of Leaf Valley sama dengan hewan yang ada di game harvest moon lainnya. Tidak ada kejutan baru pada hewan di game, kenyataannya ada 1 hewan terkenal yang hilang di Hero of Leaf Valley. Tidak seperto beberapa game Harvest Moon yang dulu, tidak ada domba di Hero of Leav Valley.

Semua hewan di Hero of Leav Valley mempunyai 3 mood – good, bad dan sick.

Good mood: Merawat hewanmu, memberi makan mereka dan memberikan perhatian.
Bad mood: Mengabaikan mereka, tidak memberi makan mereka atau memukul dengan salah satu peralatanmu. Tidak ada susu/telur yang dihasilkan oleh sapi/ayam.
Sick: ika seekor hewandibiarkan dihujan maka ada kemungkinan hewan itu sakit. Dalam kasus ini kamu harus membeli obat hewan di toko Bob


Anjing

Anjingmu di Hero of Leaf Valley lebih interaktif (dan lebih berguna) daripada game Harvest Moon yang lain.

Saat mulai bermain, kamu akan memperhatikan bahwa ada 2 anjing yang keliaran sekitar kota. Yang satu berwarna gelap, telinga runcing dengan syal berwarna biru. Yang satu lagi seperti di game klasik harvest Moon, dengan telinga ke bawah dan syal berwarna merah. Untuk beberapa waktu kamu tidak dapat mengangkat mereka. Untuk berteman dengan anjing kamu harus memasukkan makanan ke mangkok anjing yang ada di depan rumahmu untuk beberapa hari (mereka menyukai ikan, telur dan susu tapi untuk permulaan ide yang bagus untuk memberinya Herbs). Saat FP kamu dengan mereka cukup tinggi, kamu akan dapat mengangkat mereka dan bahkan mengadopsi salah satu dari mereka.

Merawat anjingmu sangat sederhana, kamu hanya harus mengangkatnya dan memberinya makan setiap hari. Bersiul danmemainkan Ocarina juga akan meningkatkan FP dengannya. Saat kamu memiliki uang/ kayu yang cukup, merukapan ide yang bagus untuk membeli rumah untuk anjingmu. Itu akan membuat anjingmu tetep kering saat hujan dan membatu meningkatkan FP kamu dengannya.

Melatih anjingmu.

Latih anjingmu dengan Ocarina terlebih dahulu, jadi pastikan kamu membelinya di toko Louis secepat mungkin setelah mengadopsi anjingmu. Ketika kamu meningkatkan FP dengannya, itu akan membutuhkan trik-trik. Dibawah ini merupakan perintah yang bisa anjimu respon :

Command

Friendship level required

What to push

Sit

31+ FP

Up, Left, Up

Stay

31+ FP

Up, Down, Down

Come

51+ FP

Left, Right, Right

Search

71+ FP

Down, Left, Up

Pursue

71+ FP

Right, Left, Right

Jump

96+ FP

Left, Up, Right

Beg

126+ FP

Down, Up, Up

Trik yang paling berguna adalah perintah pencarian, yang mana berguna untuk mencari Power Berris di sekitar desa. Yang harus kamu lakukan adalah taruh anjingmu di tempat tertentu di kota dan mainkan “Perintah Pencarian” dengan Ocarinamu dan anjing akan mulai mencari sebuah barang. Kadang-kadang anjingmu akan menemukana sebuah Truffle atau Pontata Root, tapi coba terus.




Kuda

Memiliki seekor kuda merupakan ide yang bagus untuk beberapa alas an. Utamanya, untuk mengendendarai kudamu ke sekitar Valley akan lebih cepat daripada berlari. Tapi kamu juga dapat memasuki balap kuda dan menyelesaikannya untuk mendapatkan hadih pemenang.

Ada 2 cara untuk mendapatkan kuda di permainan ini :

  1. Membeli dari toko Bob seharga 5000G. kamu tidak akan adapt memilih warna kudanya – kuda yang dibeli berwarna coklat.
  2. Cara yang lain untuk mendapatkan kuda adalah dengan bekerja sambilan untuk Bob. Pada Summer 2nd, jika kamu tingkat FP kamu dengan Bob sudah cukup tinggi (30FP), dia akan membeerikanmu seekor kuda secara gratis! Dengan cara ini kamu dapat memilih kuda yang kamu sukai. Kuda yang akan Bob berikan adalah kuda yang paling banyak mendapatkan perhatian darimu (berbicara, disikat olehmu, dan lain-lain) selama bekerja sambilan.

Harga Beli : 5000G (Bob's Ranch store)
Makanan : Fodder (+2 FP), Mineral alfalfa sprouts (+6 FP), atau rumput sepanjang hari
Alat yang digunakan: Sikat

Selain memberi makan hewanmu setiap hari, pastikan untuk bicara, bersiul untuknya dan mengendarainya setiap hari untuk meningkatkan kasih sayang terhadapmu. Membiarkannya berada di padang rumput waktu hari cerah atau berawan juga membatu.

Balap Kuda

Setiap musim, ada festival kuda, dan kamu dapat berpartisipasi dengan kudamu untuk memenangkan beberapa hadiah. Setiah selasa dan kamis dari jam 9AM sampai jam 1 PM kamu dapat berlatih dengan kudamu dengan Bon/Gwen untuk meningkatkan stamina/kecepatan kudamu. Ketika kamu pergi ke festival untuk balapan, kamu dapat memilih dari 3 balap kuda berikut :

  • Short Distance – Fokus pada kecepatan. Hadiah memenangkan lomba ini adalah Mineral Crystal Maker.
  • Long Distance – Fokus pada stamina. Hadiah memenangkan lomba ini Special Fishing Bait Maker.
  • Steeple Chase – Kamu harus melewati 6 rintangan, waktu melompat yang tepat. Hadiah memenangkan lomba ini adalah Hybrid Crop Maker.

Jika kamu memenangkan 3 lomba ini berturut-turut maka kamu akan menerima 3 mahkota

Cara Balapan

Ini adalah control untuk balap kuda:


Saat menekan “O” kamu akan mencambuk kudamu untuk mempercepat gerakannya. Kamu akan meningkatkan kecepatan sebenta tapi stamika akan berkurang jadi hati-hati.

“Kotak” akan menurunkan kecepatan kudamu. Saat menarik perintahmu. Tekat “kotak” lagi saat kamu ingin memperlampat kecepatan dan berbelok.

“X” akan membuat kudamu melompat, dan hanya berguna saat event steeple chase.

“Segitiga” membuatmu menggunakan barang yang ada bersama saat balap kuda berlangsung untuk membantu meningkatkan stamina /kecepatan.

Perhatikan Kecepatanmu!!

Saat balapan ada 2 faktor yang harus kamu pertimbangkan : Stamina dan Kecepatan. Stamina yang banyak akan membuat kudamu lari lebih lama danta merasa lelah dan lebih banyak kecepatan akan membuat kudamu berlari lebih cepat. Tingkatkan rasa kasihsayang terhadap kudamu akan meningkatkan stamina dan kecepatan, tapi kamu juga dapat menggunakan makanan untuk sementara agar meningkatkan kemampuan kuda. Di bawah ini barang yang dapat kamu bawa denganmu saat balap kuda dan berguna untuk stamina dan kecepatan kudamu:

Fodder

Mengembalikam 5% dari max stamina

Alfalfa Sprouts

Mengembalikan 10% dari max stamina

Mineral Alfalfa

mengembalikan 15% dari max stamina

Green Herb

Mengembalikan 20% dari max stamina

Pontata Root

Mengembalikan 30% dari max stamina

Carrot

Menambah kecepatan 1.1x untuk 4 detik

Mineral Carrot

Menanbah kecepatan 1.2x untuk 5 detik

Medali

Medali dapat ditukar untuk hadiah di arena balap kuda antara jam 2PM sampai jam 4PM. 1 medali berharga 50G dan dibawah ini daftar barang yang dapat kamu tukar :

Item

Medals

Selling Price

Diamond Earrings

50

1500 G

Super Agent

20

1500 G

Gold Mushroom

10

50 G

Special Cheese

10

600 G

Milk (G)

8

400 G

Butter

6

450 G

Pontana Root

4

80 G

Watermelon Seed

3

---

Special Fishing Bait

2

---

Lumber

2

---

Mineral Crystal

1

30 G

Egg

1

50 G





Ayam

Harga Beli: 500G (Bob's Ranch store)
Makanan: Chicken Feed (+1 FP), Mineral alfalfa sprouts (+3 FP), atau rumput
Pertumbuhan : 3 sampai menetas, 7 hari lagi untuk menuju dewasa
Yang dihasilkan: Eggs (50 G), Golden eggs (150 G)
Alat yang digunakan: Tidak diperlukan

Ayam sayang mudah untuk dipelihara dan menyediakan kamu dengan cepat dan telur yang stabil. Ada 2 cara mendapatkan ayam pertama. Yang pertama membeli di toko Bob dan yang kedua kamu bisa mendapatkannya gratis dengan bekerja sambilan di toko Ronald.

Merawat

Selama kamu menjaga ayammu senang dan dalam keadaan yang bagus, mereka akan melanjutkan untuk memberimu telur. Kamu dapat mengambil telur itu dan menjualnya, memasaknya, memberikan sebagai hadiah atau menaruh telur itu di incubator untuk menjadikannya bayi ayam.

Menjaga ayammu supaya tetap senang dengan mengangkatnya setiap hari. Ini lama kelamaan akan meningkatkan FP kamu dengan mereka, dan saat 210FP maka ayam mungkin akan menelurkan telur emas. Kamu akan memeprhatikan bahwa ayammu tidak hanya bisa di beri makan dengan Chicken Feed, mereka juga dapat diberi makan dengan Mineral Alfalfa Sprouts. Memberi makan mereka dengan Mineral Alfafa akan membuat mereka menghasilkan telur emas 100% lebih cepat.

Memelihara Ayam-ayam

Untuk kadang ayam, hanya akan bisa untuk 3 yama, tapi setelah meng-upgrade di Woody’s Carpentry, kandang akan bisa untuk 6 ayam. Di hari yang cerah, kamu juga bisa membiarkan ayammu berada di luar untuk mencari makanan sendiri.



Sapi

Harga Beli: 2500G (Bob's Ranch store)
Makanan: Fodder (+2 FP), Mineral alfalfa sprouts (+6 FP), atau rumput sepanjang hari
Growth: 10 days for baby calf to be born, 5 days to young cow, 7 more to adult
Yang dihasilakn: Milk (S)= 130G, (M)= 200G, (L)= 300G, (G)= 400G
Alat yang digunakan: Sikat and Milker (ada di toko Louis), miracle potion (toko Bob)

Tidak seperti hewan lainnya, sapi pertama harus dibeli. Kamu dapat membeli sapi pertama di toko Bob dengan harga 2500G, dan ketika kamumembelinya, sapi itu belum dewasa jadi belum bisa menghasilkan susu.

Menjaga Sapi

Produksi susu adalah manfaat yang nyata dari sapi, dan memulai mengambil susu, kamu harus membeli alatnya di toko Louis (sementara belilah sikat untuk sapimu saat uangnya cukup). Saat sapimu sudah dewasa, mereka akan menghasilkan susu setiap hari, kualitasnya tergantung level FP denganmu. Pastikan sikat mereka, bicara pada mereka, dan memeras susu setiap hari. Ini akan meningkatkan FP pada mereka.

Seperti halnya ayam, ada beberapa pilihan makanan. kamu dapat memberinya makan Fodder atau membiarkan meereka ada di padang rumput. kamu juga dapat memberi mereka Mineral Alfafa yang bisa membuat mereka memproduksi Susu Emas.

Selama kamu mempunyai rumput di padang rumputmu, sapimu bisa diberi makan di sana, menyelamatkan kamu dari memberi makan secara manual/satu persatu. Tapi tidak seperti ayam yang mana kamu dapat mengangkatnya, kamu harus mendorong sapi untuk keluar kandang. Malahan, kayanya kamu harus beli Bel dari toko Louis supaya kamu bisa membimbing hewanmu (termasuk ayam) keluar dan ke dalam kandang dengan mudah. Hanya pastikan saja masukkan mereka kembali ke kandang saat malam hari.

Memelihara Sapi

Dan untuk menyimpan uang untuk sapimu yang selanjutnya, kamu akan dapat melakukannya dengan menghabiskannya di toko Bob dan mempunyai bayi sapi yang baru lahir dari induknya. Dan yang kamu butuhkan hanya membeli Miracle Potion dari toko Bob. Berdiri di depan sapi dewasa, gunakan obat itu dan dalam 10 hari aka ada bayi sapi yang lahir! (sapi yang hamil tidak memproduksi susu sampai melahirkan)

Kawanan sapi kamu mungkin akan mulai tumbuh dan kamu harus meng-upgrade kandang sapimu ke Woody’s Carpentry. Awalnya kandang hanya bisa untuk 3 sapi, setelah perluasan kadang bisa memuat 5 sapi..

202 komentar:

  1. Cara dapetin mineral alfafa itu gmn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Qm cari cystal dulu di tambang, abis itu lempar crystalnya di lahan qm, trus kalo tanah na udh warna kuning gt qm tanemin alfafa di tanah yang udah qm kasih crystal
      ^^

      Hapus
    2. Kak alfafanya itu bibit atau bukan?

      Hapus
    3. Kak lahan nya di pacul dulu atau ngga kok aku udah lempar 4 mineral crystal belum kuning ya?? Eh itu mineral crystal kan?

      Hapus
    4. lahan nya di pacul dulu, kasih bibit, baru kasih mineral crystal nya, kalau aku sih gitu

      Hapus
    5. Berapa lama sapi yang bayi jadi dewasa soalnya bahasa inggris.

      Hapus
  2. cara nemuin kuda yg hilang gimana???<.>

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kuda qm di ambil sama Bob? kalo di suit in ga dtg in qm?

      Hapus
    2. otomatis kuda kamu ada di kandang kuda,tp kebanyakan kuda klo masih hati 3 itu suka ngambek (bad mood gitu) klo ditinggalin,cepet aja kasih makan klo ketinggalan,atau kamu bisa cari di tempat dimana kmu meninggalkan kuda mu

      Hapus
  3. Cara mempekerjakan kurcaci gimana ��

    BalasHapus
  4. kaka, klo aku kalau ayam mau cepet bertelur emas kn d kasih alafa, itu hrus berapa kali? udah sering tapi belum emas emas juga >,< butuh telur emaaas
    kka bles yaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. harus mineral alfafa

      Hapus
    2. cara gampang kasih mineral alfafa. kalo aq taro ajj tu ayam di luar semaleman selama beberapa minggu gitu. klo ujan tetep masukkin ke kandang, nanti juga telur na emas

      Hapus
    3. cara ngasih mineral alfafa ke ayam nya gmna

      Hapus
    4. langsung aja kayak kasih makan pake makanan ayam ^^

      Hapus
    5. Ka itu kalo uda di cangkul trs di taro crysal kan kuning tanemin alfafanya trs di siram lagi ga ka ?

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    7. kalo mau yang lebih efektif taruh ayamnya diluar, jangan diangkat ayamnya selama 4 hari atau lebih, pas diangkat pasti emas smua, pengalaman pribadi ini mah gan

      Hapus
    8. gan gua kan baru saja memainkan game harvest moon ini, nah tadi saya baca komen" agan semua, disitu ada tulisan alfafa, nah alfafa tu apa gan

      Hapus
    9. Alfa itu bibit yang ada di toko bunga

      Hapus
  5. aduh min, cara main ocarina gi mana sih ?
    mesti cuma bisa bunyi sekali doang :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada cara na kok... flute kan? cari di folder hewan deh ^^

      Hapus
    2. iya aku juga gak bisa mainin ocarinanya

      Hapus
  6. latihan kudanya ama gwen n bob dimana??

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanti ada event na sendiri kok. nanti salah satu dari mereka ada yang ke rumah ngajak tanding ^^

      Hapus
    2. dateng ke Ladang rumputnya BOB dari jam 9am - 1pm

      Hapus
    3. Hari apa aja yang bisa kak??????

      Hapus
    4. Gwen hari selasa n Bob hari kamis(bicara ke mereka nnti ad pilihan train pilih itu)

      Hapus
  7. bagay mana cara mendapatkan alfafa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. nanem di ladang atau di scared land

      Hapus
    2. beli aja bibit na di Lyla. ada kok... kalo buat balapan sebelum sebar bibit tanahnya kasih crystal biar jadi mineral alfafa ^^

      Hapus
    3. Kaka aku uda jadi tanemannya mineral alfafa sprouts ya jadinya trs di kasi makan ga bisa ke sapinya trs naruh fodder di rumput yg uda di potong ga bsa juga itu gimana ya ka ?

      Hapus
  8. ayam saya tidak bisa menghasilkan telur, sblm2 nya dia menghslkan telur..

    bdw, gmna cra nya agar dia bsa menghslkan telur lg?

    thx

    BalasHapus
    Balasan
    1. jiah... ayamnya ngambek? di angkat terus tekan select. klo dia sakit kasih obat. beli di Bob ^^

      Hapus
    2. . Zhoya mau nanya ? Btw qm nylLesaiin Event apa ???

      Hapus
  9. Gan ane menang lomba balapan kuda,tapi kok gg dapet hadiah,emang hadiahnya dimana?

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo menang mank dapet hadiah?

      qm ikut taruhan kayak di hm btn klo mau dapet hadiah na
      ada di meja sebelum mulai balapan klo mau taruhan ^^

      Hapus
  10. Cara dapat banyak kayu gimana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba aja kerja part-time ke woody(kakek kakek si tukang kayu.kalau udh 5 kali kerja,nanti dia ngizinkan kita buat nebang pohon sendiri fan hasilny blh utk kita.cara minta mrnebangny jg sm kyk minta kerja. Tp cmn bisa 1x per 3hari

      Hapus
  11. Kk Fbnya apa ??
    Biar bisa nanya lebih jelas ...,

    BalasHapus
  12. Mw tanya kandang ayam dimna ya
    Am necessary tuh dpt darimna
    PEMULA

    BalasHapus
    Balasan
    1. kandang ayam dari rumah ada disebelaj kiri, lurus aja
      ^^

      Hapus
  13. Cara menambah power gimana???

    BalasHapus
  14. kk kalau udah dapet kuda kerja lagi ke bob bisa gak agar dapet kudah lagi?

    BalasHapus
  15. klo ujan kn anjing a d msukin k rmah berarti gk usah di kasih makan tah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga usah dimasukin ke rumah jg ga apa"
      kan udah ada kandang di depan rumah?
      ^^

      Hapus
    2. Gk ada toh kak..! kalau belum dibangun kandang nya dan klo hujan dibarin di luar FP nya berkurang gk kak Soalnya aku punya anjing terusan hujan dibiarin di luar besoknya Hatinya berkurang 1

      Hapus
  16. Kk mw nanya nih,kok anjingnya nggak mw nurut perintah ocarina.padahal hatiny udh 4 dia jg sehat

    BalasHapus
  17. kak zhoya atau tman yg lain bantu jawab :D , pada saat hari hujan, kuda tetap bisa di gunain kliling kota gak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lebih baik jangan takut entar malah sakit

      Hapus
    2. nanti sakit kalo pas ujan keluar
      ^^

      Hapus
    3. Bisa diajak keliling. Tapi resikonya ya hatinya kurang. XD

      Hapus
  18. cara naikin hati anjing gimana yah,,
    hati anjingku 0 terus neh,, ga pernah bertambah,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab ya

      setauku
      1. angkat taruh anjingnya
      2. ajak main pake ocarina

      mungkin kamu pernah ninggalin anjingnya saat hujan sampe hatinya jadi 0

      Hapus
    2. . Berii anjiing.mu TelLur atau susu setiiap Harii dii Mangkuk Biias dia makan ...

      Hapus
  19. Berapa.hari sih buat nge jinakin anjing nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. . kalau kamu rutin ngasih dia Milk S atau egg setiap hari sampai Hati anjing.mu 3Heart maka anjing.mu bisa dikatakan sudah jinak... uji coba anjing.mu nyari power berries di petak tanaman sebelah rumah lyla.

      Hapus
  20. Kak aku sama katie hatinya dah merah tapi gk nylesain eventnya apakah katie mau di beri bluefeather? Tlong jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa aja saya cuma sebagian dari event katie yang diikuti tetap bisa dinikahi

      Hapus
    2. bisa aja, hatinya full ga?

      Hapus
  21. Sis, bro numpang tanya..

    Cara dapetin anjing gmn? Ud q kasi milk s ato ikan + q liatin pas makan + siul ... kok masi blm bisa ya?

    Ud summer 8 blm bs dapet... pa harus beli dog house dulu y?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menurut saya anda harus rajin memberi makan anjing pakai susu atau telur.kalau tidak salah selama 3 minggu aja sampai ada kata adopsi saat dekat dengan anjing yang anda inginkan

      Hapus
    2. Klo anjing nya kan ganti2 tiap hari (g mesti anjing yg kita incer), ngefek nggak ke FP nya?

      Ud summer masi blm dpt.. ud bikin dog house sgala nih..

      Btw... untuk event, apa harus semua dibuka sesuai waktunya? Maksud q kali aja tahunnya bisa mundur. Kan klo g salah event nya berbarengan semua. Barang untuk gift jd kosong melulu..

      Mana HG tu musti 2x ngasi... (yg 1 untuk wish, yg 1 untuk HG nya sendiri.... dikasi herb kgk maw ... #tepokjidat )

      Hapus
    3. Mungkin iya,Tergantung anjing apa yang kita incar kalau anjing biasa yang kita incar maka dia akan datang hampir setiap hari begitu pula kalau anjing mirip serigala,pastikan anjing yang incar harus betul betul 3 minggu memberi makannya (Menurut Saya)

      Kalau event harus dibuka sesuai dengan waktunya dan waktunya bisa berbarengan,saran saya kamu harus selesaikan event allice agar,kita tidak perlu membayar sebanyak 50.000G kepada alice saat akhir tahun 2 Dan bisa menikahi alice

      Kalau HG yang bisa diterima hanya buah buahan aja kalau dikasih herb mana mau KK

      Hapus
    4. Allicenya udah nolak uang nya tapi saat datang ke rumahnya kok dia gk ada ya kk....udah sebulan nungguin dia

      Hapus
  22. gan ane mau tanya 1.bagaimana cara mengupgrade rumah .kan ada 3 evnt yang harus dislskan kalau salah satu event sdh selesai ntar bisa lnjt lg ke event berikutnya.mohon jwbnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1.Cara mengupgrade rumah kita harus punya kayu kalau gak salah sekitar 20- 50 buah dan cara mendapatkanya kita harus bekerja sama woody selama 5 hari entar kita boleh di izinkan untuk mengambil kayu sama woody. kalau event harus diselesaikan minimal 3 buah untuk melanjutkan ke event berikutnya(menamatkan game tanpa membayar)

      Hapus
  23. kalo pingin dapet kayu banyak dan cepet caranya gampang, klo pake ppsspp kan bisa save langsung ga perlu tidur, nah itu caranya waktu balap kuda sebelum mulai save dulu trus mulai siapa aja yg menang kita catetin (walaupun acak tp tetep ada polanya yg menang) kalau udah tau siapa yang menang kita load gamenya terus taruh semua taruhan ke yang pasti dah menang tadi. nah kalau menang 3 taruhanya bisa d tuker jadi lumber, sisanya bisa tuker yg lain

    BalasHapus
  24. Cara meningkatkan stamina dan kecepatan kuda gimana y? Pas ane pake mineral carrot dikandang lok gk bisa?

    BalasHapus
  25. Cara ningkatin hati anjing gimana?? Soalnya Hati anjing saya tiba2 hilang gara2 pada musim summer hujan lebih dari 5 hari berturut2. Padahal saat dirumah juga saya mainin Ocarina tetep ngga mau naik malah menjauhi saya.. Tolong bales..

    BalasHapus
  26. Saya ikut race day yang steple chase. Tapi gk bisa loncat tepat waktu, itu loncatnya pas diganris merah ato gmn?

    BalasHapus
  27. Gan nanya dong. Cara dapet / beli umpan gimana dan dimana? Umpan biasa maupun khusus. Dan juga untuk menyimpan lumber itu dimana? Kalo ditaruh tas bakal terbatas, jadi mohon bantuannya ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. umpan di dapet dari kurcaci, kasih kurcaci jamur nanti dia kasih umpan ke kita
      ^^

      Hapus
  28. kaka zhoya atau siapa pun cara ambil hadiah dari pacuan kuda gmna sih...? aku dapet special
    fishing bait maker?

    BalasHapus
    Balasan
    1. lah, langsung tukerin di pacuan aja
      emank ga bisa?
      ^^

      Hapus
    2. Kalo hadiah juara beda , dia langsubg di equip di rumah

      Hapus
  29. kalau umpan mah.. ngasih kurcaci jamur.. nanti kurcaci ngasih umpan special

    BalasHapus
  30. mau nanya kalau liat kayu yang kita punya dimana ya

    BalasHapus
  31. Di tas km masbro, tapi lok tas km full itu ada di kotak rumah km, sebelah tv.

    BalasHapus
  32. Hybrid crop maker itu mesin apa ya...ada yg tau nggak?

    BalasHapus
  33. Ada tanah kosong di samping toko si bob maksdnya apa sih?

    BalasHapus
  34. mineral alfafa itu seed bli di lyla trus di kasih crystal itu maksudnya ore dri tambang atau gimana ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. beli bibit alfafa di lily terus tanem alfafa di tanah yang udah di kasih mineral crystal ^^

      Hapus
  35. cara ngeliat hati kuda anjing ayam sapi gimana cara nya ?

    BalasHapus
  36. gan nanya,kan ane lg dievent blue mist flower trus udh diakhir event,bunga layu...itu wajar ga jalan ceritanya apa salah???mohon bantuannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. ia wajar, nanti dateng lagi si Parsley buat event selanjutnya
      ^^

      Hapus
  37. gan itu cara keluar dari event spring horse race gmna ya? hehe masih newbie gan

    BalasHapus
  38. gan itu cara keluar dari event spring horse race gmna ya? hehe masih newbie gan

    BalasHapus
  39. Sry gan w kan udh Sampai Fall ya Mau ke winter apalah kok FP Anjoong W Kga naik Ya / kga ada kesanlah nah sebelum itu dia Sakit Sakitan W kga jagain gimana ye Solusinya biar cepat naikin FPnya lagi....???

    BalasHapus
    Balasan
    1. udh beli obat di Loius?
      dikasih makan ga?
      terus di ajak ngomong juga diangkat?

      Hapus
  40. Sry gan w kan udh Sampai Fall ya Mau ke winter apalah kok FP Anjoong W Kga naik Ya / kga ada kesanlah nah sebelum itu dia Sakit Sakitan W kga jagain gimana ye Solusinya biar cepat naikin FPnya lagi....???

    BalasHapus
  41. Sry gan Pan W udh Adopsi sampai dpt 1 love ya eh pas w adopsi mau ke fall kga w jagiin sabodo teinglah trus lovenya Hilang pas w di pukul Gwen w mau niat lagi naikin Fpnya tapi Kga naik naik tolong gan w mau nih punya sahabat dogs.... Tolong ya Gimana Caranya dan w udh punya ocarian apalah....???

    BalasHapus
  42. Sry gan w kan udh Sampai Fall ya Mau ke winter apalah kok FP Anjoong W Kga naik Ya / kga ada kesanlah nah sebelum itu dia Sakit Sakitan W kga jagain gimana ye Solusinya biar cepat naikin FPnya lagi....???

    BalasHapus
  43. Sry gan w kan udh Sampai Fall ya Mau ke winter apalah kok FP Anjoong W Kga naik Ya / kga ada kesanlah nah sebelum itu dia Sakit Sakitan W kga jagain gimana ye Solusinya biar cepat naikin FPnya lagi....???

    BalasHapus
  44. gan, ku gak pernah ketemu alice, caranya gimanaya

    BalasHapus
    Balasan
    1. dia ada di kantor na, kantor na ada di depan tambang. jadwal dia ada dimana dijam berapa ada di bagian pengantin deh
      ^^

      Hapus
    2. http://zhoya-chomsah.blogspot.co.id/2011/11/harvest-moon-hero-of-leaf-valley-ix.html?showComment=1447828877480#c2848950818036323057

      Hapus
  45. gan, pernah ngeliat even heronya agan ketemu ponta di pantai jam 5 sore trus bicarain tentang sunset gk gan?

    BalasHapus
  46. Ka kenapa ayam saya ga mau bertelor tapi dia merasa senang??? Terus cara menggypgrade barang masakan gimana saya bisanya cuman 1 inggridients??

    BalasHapus
    Balasan
    1. upgrade bisa ke louis
      ayam ga bertelur coba angkat trus taruh lagi, jangan lupa kasih makan atau taruh di luar kalo lagi ga ujan ^^

      Hapus
  47. Cara dapetin mineral carrot gimana min??

    BalasHapus
    Balasan
    1. tanem aja mineral crystal trus bibit carrot
      ^^

      Hapus
  48. Min cara ganti kuda gimana soalnya gw benci dengan warnah kuda saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga bisa deh keknya . Soalnya cuma bisa punya satu doang . Gua juga nyesel langsng beli . Gara gara gua pake cheat yg tersedia di ppsspp . Jadi duitnya 99999 . Padahal dulu main hm holv . Udh dapet kuda warna item milih kerja dari si bob untuk beberapa pekan

      Hapus
  49. Kalo pernikahan itu caranya gmana kak ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di tahun ke 3 .beli Di toko louis ada blue feather( bulu biru ) buat nikah . Nah abis itu incer siapa yg mau dinikahin

      Hapus
  50. Zhoya atau siapa pun tolong jawab ya . Dulu ane pernah maen hm holv(Harvest Moon : Hero Of Leaf Valley) . Cara buka jalan yang ada di samping rumahnya (kerja buat resep) *GaTauNamanya . Itu gimana . Sama yg dijalan Harv.goddes itu gimana yg ditutupin batu . Apa gk bisa .

    BalasHapus
    Balasan
    1. oh... ada event na kan?
      jalan sebelah rumah yang mana ya?

      Hapus
    2. Yang batu disebelah kolam harvest goddest cuma perlu ngumpulin fish print hingga 10 buah...
      Cara dapetin fish print, ya tinggal nanggkep ikan, kasih buat ponta

      Hapus
  51. Yg dharv goddes mmbri ponta bbrp ikan yg blm dsetempel

    BalasHapus
  52. Kalo jalan di sebelah rumah villa itu kebuka pas ngelawan robot pohon kalo ga salah

    BalasHapus
  53. Kak zoya. Pernah main hm awl atau hm ap gak di hp. Mohon balesannya ya ditunggu.

    BalasHapus
  54. Kak zoya. Pernah main hm awl atau hm ap gak di hp. Mohon balesannya ya ditunggu.

    BalasHapus
  55. Gmna caranya ikutan balap kuda? Soalnya aku cuman bisa nonton doang..
    Trus pas aku mancing, tapi ikannya lepas trus udah berapa kali mancing tetep aja gtuu... :/

    BalasHapus
    Balasan
    1. klo mau balapan kuda harus minimal kuda haru memiliki 4 hati,klo mau mancing supaya nggak dapet sampah pakai special fishing bait maker,mesinnya didapat dari balap kuda long distance

      Hapus
  56. Mau tanya ni.. cara upgrade rmh ayam gimana? Btuh apa aja?

    BalasHapus
  57. Kak, gw udah sampe fall tapi sapi gw kagak mau ngeluarin susu, padahal lope nya udah tiga. Gimana nih?

    BalasHapus
  58. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  59. Kak aku mau tanya nih :'( aku bingung kaa, jd tuh anjing aku pas ujan lama gitu aku masukin kerumah, soalnya aku belom punya kandang buat dia, eh lama2 dia malah sakit :'( terus saya diomelin gwen, udh gitu saya pikir saya keluarin aja pas ujan, eh besoknya anjingnya malah sakit :( terus saya dipukul gwen.. udh gitu lovenya gapernah naik2 lg ka, pdhl aku tiap2 hari kasih dia telor.. gmana itu kak? Apa yg harus aku lakuin kalo ujan ka? :( aku serba salah nih..udh gitu lovenya gabisa naik lg ya? Tolong banget ya ka dijawab :(

    BalasHapus
  60. cara ngambil fodder ditempat fodder yg ada dikandang gmana?

    BalasHapus
  61. gan gw mau nanya, gw blom dpatin anjing padahal udah masuk tahun 1 summer 10 th. tuh gmna gan solusinya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ga masalah, saya malah baru dapetnya ketika musim fall.
      Terus kasih makan aja di tempat biasa~

      Hapus
  62. Seharus ny dari awal..d isi terus tempat makan nya gan..setiap hari..jangan sampai lupa..nanti dapet sendiri ruh guguk ny..

    BalasHapus
  63. Bang gmna cara ngasih makanan ke sapi ya..kok g bisa di taruh dibtempatnya

    BalasHapus
  64. Cara mendapatkan pontata root gimana ya?

    BalasHapus
  65. Kak mau tanya aku kan udah punya kuda 1 kalau aku up grade kandang(belum aku up grade) nanti aku bisa punya 2 kuda ngga?

    BalasHapus
  66. Kak sapi aku kok gak bisa diambil susunya padahal sudah 3 tahun

    BalasHapus
  67. Kak gimana cra dapatin ocarina

    BalasHapus
  68. Kak gimana cra dapatin ocarina

    BalasHapus
  69. Gan gue punya sapi dan milker sapinya juga udh adult tapi kog ngak bisa diperah ya susunya??

    BalasHapus
  70. anjing gue udah seminggu belum naik hatinya

    BalasHapus
  71. Gan mau nanya sapi wa udah ngehasilin milk L karna wa ga sabaran wa pake cheat biar hatinya full jadi hasilin milk G. Taunya pas dicheat sapinya gabisa ngehasilin susu, pas dimatiin cheatnya sama aja. Padahal hatinya seneng,terus tiap hari brush sama diajak ngomong. Gimana tuh gan?

    BalasHapus
  72. Ka mau tanya kalo buat newbie bagusnya ngurusin apa dulu ya ? Trus kerjanya ambil yg mana dulu yg lebih penting ?

    BalasHapus
  73. Ka mau tanya kalo buat newbie bagusnya ngurusin apa dulu ya ? Trus kerjanya ambil yg mana dulu yg lebih penting ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Om ko pas ending di tahun ke 2 berhenti sii loading nya lama banget , itu kenapa yaa ?
      Butuh jawaban nya om

      Hapus
  74. Kak Zhoya, tempat mesin yg kita dapat dari balapan kuda di simpan dimna ya, bingung nyari nya

    BalasHapus
  75. gan mau tanya, kalo udah tangga 2 summer tapi si bob belum kasih kuda jg, gimana? apa musti nunggu summer tahun depan?

    BalasHapus
  76. Cara dapetin sikat gimana bang?

    BalasHapus
  77. Cara dapetin sikat gimana bang?

    BalasHapus
  78. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  79. Maaf Tadi ada Kesalah Pahaman Di Komentar Gue?

    BalasHapus
  80. kalau musim salju hewannya boleh di keluarkan atau tidak?

    BalasHapus
  81. maaf nie gue kan bru pertama main nie game harvest moon hero pf leaf valley
    gimana si cara beli barng di woody buat upgrade peralatan misalnya kapak atau yg lain.....? soalnya udh ke woody tpi ga bisa beli malah bacaanya "you don't have this" mksundye apa nya tolong balas nya ke emil sya astrininda27@gmail.com atau FB saya astrininda@yahoo.com tolong dan terima kasih

    BalasHapus
  82. cara mengetahui eventnya gimana

    BalasHapus
  83. BAng mau nanya nih , tempat yang ngejual super agent dmn yh , soalnya ane cariin di semua toko gk ad yg nerima penjualan super agent !!

    BalasHapus
  84. gan. caranya biar bisa ikut event gimana?

    BalasHapus
  85. Kk kenapa kuda saya gk bisa dinaiki ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati kuda masih kecil, sering sikat dan ajak bicara setiap hari supaya hatinya nambah, sudah enak dinaikin saat hatinya 3 hati

      Hapus
  86. Bagaimana masang taruhan di balap kuda kalau medal kita 0

    BalasHapus
  87. Kasih msukan dunk.. Kok sapi" ku dri musim spring smpe summer nggk bisa menghasilkan susu ya?? Klo pake cheat ngefek gitu ya?? Apa emang lama??

    BalasHapus
  88. Gan mau tanya nihh, kok udh tgl 10 summer year 1 ga bs dapat anjing :( nah tiap hari udah d kasih makanan herb atau susu huaaaahuhuhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pengalaman saya kalo ada anjing pagi" coba angkat, nanti akan ada pilihan untuk adobsi

      Hapus
  89. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  90. Kak tanya dong . Klo event kelewat bisa diulang kagak . Kaya misalnya eventnya si Dia kan mulainya di tahun 1 tapi aku udh tahun 2 atau misalnya aku udah tahun ke 3 . Jadi eventnya masih bisa diulang gak kak

    BalasHapus
  91. Gan cara dapat potata root di mana?

    BalasHapus
  92. Gan sapi saya udah afa beberapa yg hati nya full tp ko ga bisa di peras ya susu nya
    Tolong kasih info, makasih

    BalasHapus
  93. Ka, gmn naikin mood bagus bagi ayam yang bad mood? Mohon balasannya makasih.

    BalasHapus
  94. Ada yang tau gak, kok sapi sama ayam saya yang tadinya ngasilin telur sama susu G besoknya malah ngasilin telur sama susu biasa lagi?, tolomg di bantu.

    BalasHapus
  95. Kak klo winter gpp sapi taruh diluar?

    BalasHapus
  96. Cara bikin ayam good mod lagi gimana ya? Soalny ke bacok sekali badmoodnya 2 bulan nggk berenti-berenti

    BalasHapus
  97. min kalok biarin hewan peliharaan d luar kandang saat winter amangak,,,, apakah hewan peliharannya bisa sakit,,??

    BalasHapus
    Balasan
    1. gk apa" asal nggak turun salju atau hujan

      Hapus
  98. Bang mau nanya bang, saya bermain game Harvest moon hero of keaf valley disitu saya setiap hari selalu mengangkat/menggendong ayam dan juga sudah kuberi makan saat hujan saya masukin ke kandang, tapi kok ayamnya gk mau bertelur. Kira kira gimana ya caranya agar bisa bertelur lagi?

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba kasih aja obat siapa tau ayam nya sakit

      Hapus
  99. Mau nanya cara ngisi fodder dispenser gmm ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. pangkas rumput yang ada di depan kandang sapi aja gan pakai sabit,nanti otomatis ngisi ke fodder dispenser

      Hapus
  100. Ka Sapi kalau Hamil brp lama ya Plis Tolong Jawab soalnya aku udh 1 Tahun blm hamil juga tapi fp nya udh besar?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bantu jawab ya, harus beli dulu ramuan biar hamil di toko bob baru nanti kasih deh ke sapinya

      Hapus
  101. Ka knpa ocarina saya bunyinya cuman 1x aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bantu jawab ka, itu mainnya sambil di tekan terus yg tombol kotaknya jadi bisa gk cuma 1x bunyinya

      Hapus
  102. Min, kalau lagi bersalju hewannya di dalam kandang aja atau gpp kalau di keluarin aja?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aq biasa na taro d dlm kandang pas musim salju

      Hapus
  103. Min ini susah banget dapetin anjingnya ya,udah lewat dari musim seringnya tapi masih aja ga dapet dapet ini udah disummer aku main tapi anjingnya ga mau jinak

    BalasHapus
  104. Waktu itu sii pernah salah pencet ehh anjingnya aku bacok, kirain udah ganti item ocarina ehh ternyata masih megang celurit

    BalasHapus
  105. Padahal tutorial apaan aja udah dicoba, kaya mainin ocarina, ngasih makan setiap hari pake ikan,siulin tapi tetep aja, gongong sambil lari lagian ga jelas

    BalasHapus
  106. Mana udah nyiapin kandang pula

    BalasHapus