Minggu, 30 Oktober 2011

HARVEST MOON : HERO OF LEAF VALLEY (PENGENALAN)


Kali ini aq mau bahas soal Harvest Moon : Hero of Leaf Valley neh. . .

Siapa siihhh yang tidak mengenal game Harvest Moon, serial ini adalah yang paling ditunggu para gamer yang memiliki berbagai handle game, dari PSX, PS2, PS3, PSP, Nintendo DS, Gameboy SP, dll.

Serial Harvest Moon adalah serial yang paling rajin muncul hampir disemua Console Game, dan yang akan aq bahas di sini adalah Harvest Moon di handle PSP, yaitu Harvest Moon Sugar Village dalam bahasa Inggrisnya Harvest Moon Hero of Leaf Valley. Para pencinta dan pemilik PSP pasti tidak akan melewatkan seri ini, seri Harvest Moon PSP yang dikembangkan dari PS2 yang berjudul Harvest Moon Save The Homeland. Bagi para pencinta Harvest Moon yang kecewa di serial Harvest Moon Save The Homeland tidak bisa menikah, maka Natsume memperbaiki kesalahan mereka dengan membuat remake-nya di PSP dan ada tidak akan kecewa degan Harvest Moon PSP ini, kita bahas yaaa . . .

Story :

Berawal dari Hero yang menerima surat dari ayahnya untuk mengelola perkebunan/ranch di suatu pulau. Maka Hero ini pergi ke Ranch untuk melihat kondisinya lalu tiba-tiba dia melihat 3 kurcaci yang berbicara satu sama lain dengan membicarakan tentang nasib perkebunan ini. Lalu Hero menahan salah satu kepala kurcaci itu dan spontan saja para kurcaci tersebut kaget sampai berlarian ke sana kemari, lucu deh liad nya. . . >.<

Kemudian para kurcaci bertanya nama kita (isi nama sesukamu) dan Harvest Goddess pun datang menanyakan apakah kita mau membantu untuk menyelamatkan desa atau tidak. Ternyata, setelah di usut, pulau ini akan dijadikan taman hiburan oleh suatu perusahaan. Jika kalian menerima tawaran untuk menyelamatkan desa ini, maka permainan akan berlanjut. .

Tujuan Permainan [ Goal ]

Seperti judulnya, karakter ( selanjutnya di panggil Hero) harus menjadi pahlawan dan menyelamatkan Leaf Valley yang akan di rubah menjadi amusement park

Ada 2 cara untuk menyelamatkan desa :

1. Mengumpulkan uang sebanyak 50.000 G dalam 2 tahun yang akan di berikan ke perusahaan amusement park sebagai ganti desa

2. Membuat desa menjadi terkenal sehingga desa tidak akan di rubah menjadi taman hiburan. Terdapat 16 cara yang bisa membuat desa menjadi terkenal, inilah inti dari permainan ini.

Karakter wanita yang bisa dinikahi :


1. Lyla

Lyla adalah pemilik toko bunga, dia selalu terlihat bahagia dan tersenyum. Dia mungkin sedikit lebih tua dan lebih dewasa daripada kelihatannya. Lyla sangat suka berkhayal di toko dan dia seorang wanita muda yang sangat romantis, ia berharap bisa jatuh cinta.
Profile Info:
Birthday: Spring 27th
Height :162cm
Weight : 52kg
Favorite: Pink cat flower, Full moon berry
Likes: Flowers, berries, nuts
Dislikes: Ores, bugs, grasses, failed dishes
Gift: Pink Grass, Milk, Flower, Berries



2. Gwen

Seorang wanita yang sangat mencintai desanya. Dia sangat menjaga jarak dengan pendatang baru dan bahkan bebicara sangat keras di setiap kali. dia mencinta binatang terutama kuda
Profile Info:
Birthday: Summer 8th
Height : 168cm
Weight : 50kg
Favorite: Wild mint flower, Milk G, Cranberry, Full moon berry
Likes: Lumber, vegetables, berries
Dislikes: Ores, bugs, grasses, pink cat flower, fodder
Gift: Milk, Vegetables




3. Dia

Dia adalah seorang gadis manja yang tinggal di villa dengan Gina dan Martha.
Dia dirawat oleh Martha ketika orang tuanya bercerai. dan tampaknya telah meninggalkan sedikit bekas luka emosional pada dirinya. Kamu memerlukan kesabaran jika ingin menikahi Dia. Dia lebih sering terlihat di daerah villanya saja.
Profile Info:
Birthday: Winter 9th
Height : 157cm
Weight : 43kg
Favorite: Blueberry, Full moon berry
Likes: Cooked dish, very berry
Dislikes: Ores, bugs, grasses, failed dish
Gift: VeryBerry


4. Gina

Bekerja di villa bersama Martha, Gina adalah wanita yang sangat cekatan dan memiliki banyak skill karena Gina bekerja sebagai pelayan Dia. Gina juga sangat pandai dalam hal menjahit.
Profile Info:
Birthday: Autumn 20th
Height : 158cm
weight : 45kg
Favorite: Golden milk, golden egg, Stardust flower
Likes: Fish dish, eggs, milk
Dislikes: Ores, bugs, grasses
Gift: Eggs, Milk, Fish



5. Katie

Katie adalah cewek yang bekerja di cafe bersama kakeknya di siang hari, tapi dia tidak diperbolehkan masuk cafe pada malam hari mulai jam 6PM, ketika cafenya berubah menjadi bar. Katie wanita muda yang modis dan umurnya masih sangat muda, 16 tahun. . . .>.< Yang suka daun muda, nikah aja ma Katie. Hehehehehh >.<
Katie sangat menyukai makanan manis.
Profile Info:
Birthday: Autumn 29th
Height : 152cm
Weight : 41kg
Favorite: Blue Mist flower, Full moon berry
Likes: Eggs, milk, Milk G, Golden egg
Dislikes: Bugs, grasses
Gift: Cheese, Eggs



6. Aurelia

Gadis yang datang ke desa bersama kakaknya dan tinggal di gereja dekat danau. Wanita yang sangat kuat dan mandiri, karena harus selalu mengurus kakaknya yang cerewet dan aneh. ^_^ (sama aneh nya kayak kakak-kakak q >.< )
Profile Info:
Birthday: Autumn 5th
Height : 158cm
Weight : 45kg
Favorite: Lumber
Likes: Very Berry, egg dishes, seashells
Dislikes: Junk ore, grass
Gift: Wood, Veryberry, Eggs




7. Alice

Alice adalah orang yang akan mendirikan perusahaan taman hiburan di desa. Sebenarnya dia merupakan secret character woman yang dapat kamu nikahi, walaupun pertama kali tidak ada lambang hatinya tapi kamu bisa menikahi Alice namun kemungkinan ini sangat susah karena dia sangat matre. Sukanya cuma sama barang-barang mahal. Kantornya ada di depan tambang, kalian dapat mampir ke tempat dia dan setidaknya bicara atau memberikan ore untuk menyenangkan hatinya.
Profile Info:
Birthday: Spring 5th
Height : 165cm
Weight : 48kg
Favorite: Rare ore, jewelry, accessories
Likes: Ores
Dislikes: Failed dishes
Gift: Blue diamond, moonlight stone, Orihalcon (basically all the expensive
items you got from the mine)




8. Harvest Goddess

Dia adalah pelindung desa, dia memiliki kekuatan magis dan memberikan berkat bagi desa dengan alam dan keindahan. Dia juga salah satu kandidat wanita yang bisa kamu nikahi, kalau mau mendekatinya bicaralah sehabis bekerja jam 5PM setiap hari. Nanti makin lama dia makin suka kamu. Jangan sekali-kali berbicara tentang wanita lain dihadapannya, nanti dia akan menjauhimu.
Profile Info:
Real Name: Marina
Height : 170cm
Favorite: Farm Produce
Likes: Berries, Honey, Fruits
Dislikes: Ores, bugs, grasses
Gift: Vegetables, anything except bugs and grasses


Karakter lainnya ( penghuni desa )


1. Bob

Bob bekerja di Brownie Ranch. Dia sangat mencintai hewan, dan meskipun dia terlihat menyeramkan dan tidak bersahabat, dia sebenarnya mempunyai hati yang lembut. Dia merawat hewan peliharaannya seperti merawat anak sendiri dan dia satu-satunya penjaga adiknya, Tim.
Birthday: Summer 1st
Height : 195cm
Weight : 105kg
Loves (+3 FP): Golden Egg, Cake, Gold Milk, Dessert, Honey
Likes (+2 FP): Vegetables, Fruits, Fodder, Red Herbs, Eggs, Milk, Fish, Vegetable/Portable/Dairy Cooking, Seafood, Juice
Accepts (+1 FP): Flowers, Mushrooms, Lumber, Ore, Precious Ore, Gemstones, Jeweled Accessories, Seasonings, Egg Cooking, Dairy Products
Dislikes : Grass, Bugs, Failed Dishes



2. Charles

Salah satu bodyguard Alice. Dia senang sekali memperbaiki sesuatu dengan alat yang aneh.
Profile Info:
Birthday: Winter 23rd
Loves (+3 FP): ---
Likes (+2 FP): Flowers, Red Herbs, Ore, Precious Ore, Gemstones, Vegetable Cooking, Dairy Cooking, Seafood, Dessert
Accepts (+1 FP): Fruits, Mushrooms, Lumber, Eggs, Milk, Fish, Jeweled Accessories, Seasonings, Portable/Vegetables/Dairy/Egg Cooking, Dairy Products, Seafood, Dessert, Juice, Honey
Dislikes : Grass, Bugs, Failed Dish, Junk Ore



3. Chaster

Seorang pendeta yang datang ke desa dengan Aurelia. Dia mempunyai keyakinan yang kuat pada Goddess dan datang untuk mengajari penghuni desa tentang keajaiban tapi karena sifatnya yang aneh dia sering berpergian tanpa teman.
Birthday: Winter 25th
Height : 172cm
Weight : 68kg
Loves (+3 FP): Precious Ore, Jeweled Accessories
Likes (+2 FP): Vegetables, Flowers, Fruits, Mushrooms, Red Herbs, Eggs, Milk, Fish, Ore, Vegetable/Dairy/Egg Cooking, Dairy Products, Seafood, Dessert
Accepts (+1 FP): Fodder, Lumber, Gemstones, Seasonings, Portable Cooking, Dairy Products, Juice, Honey, Failed Dishes
Dislikes : Grass, Bugs, Failed Cooking, Junk Ore



3. Gol Dodo

Dia seorang pedagang yang tiba-tiba muncul di desa. Dia tidak dapat pulang ke rumahnya sampai menemukan apa yang dia cari. Tapi, tak seorang pun tau apa yang dia cari. Dia memberi sebagian besar penduduk desa barang yang tidak berguna. Untuk setiap 10 besi tua yang kamu bawa ke Zann, dia akan meminta Anda untuk membawa batu permata dan dia akan membuat aksesori dari itu untuk Anda!
Loves (+3 FP): Grass, Scrap Metal, Failed Dishes, Fodder, Green Herbs
Likes (+2 FP): ---
Accepts (+1 FP): ---




4. Harvest Sprites

Nic (Merah), Nac (Biru), dan Flak (kuning)

Kurcaci kecil yang tinggal di desa, gak sembarang orang bisa melihat mereka. walaupun mereka agak canggung ke kamu, tapi mereka membantu kamu di game ini.
Height : 32cm (Nic), 29cm (Nac), 30cm(Flak)
Weight : 2kg(Nic), 2kg (Nac), 3kg (Flak)
Loves (+3 FP): Mushrooms
Likes (+2 FP): Vegetables, Fruits, Eggs, Milk, Fish, Seasonings, Portable/Vegetables/Dairy/Egg Cooking, Dairy Cooking, Seafood, Dessert, Juice, Honey
Accepts (+1 FP): Flowers, Red Herbs
Dislikes: Any kind of truffle



5. Joe

Joe adalah adik dari Kurt. Joe adalah seorang pria yang gampang untuk bersosialisasi yang kadang beribicara blak-blakan. Dia menyukai minum di cafe dan memancing adalah hobi nya. Dia juga bekerja magang di Woody bersama kakaknya.
Birthday: Summer 10th
Height : 179cm
Weight : 72kg
Loves (+3 FP): Lumber, Seafood
Likes (+2 FP): Vegetables, Fruits, Mushrooms, Eggs, Milk, Fish, Gemstones, Jeweled Accessories, Vegetable/Egg Cooking
Accepts (+1 FP): Flowers, Fodder, Seasonings, Portable/Dairy Cooking, Dairy Products, Dessert, Juice, Honey
Dislikes: Yogurt, Grass, Grass, Bugs, Herbs, red Herbs





6. Kurt

Seorang pekerja magang di Woodie carpentry yag sangan fokus dalam pekerjaannya. Dia adalah Kakak dari Joe dan tidak pernah memulai pembicaraan. Jangan tertipu oleh penampilannya yang terlihat kasar. Dibalik itu semua dia adalah pria yang senditif.
Birthday: Winter 10th
Height : 178cm
Weight :63kg
Loves (+3 FP): Tomatoes,
Likes (+2 FP): Vegetables, Fruits, Mushrooms, Red Herbs, Lumber, Eggs, Milk, Ore, Precious Ore, Gemstones, Jeweled Accessories, Vegetable/Portable/Egg/Dairy Cooking, Dairy Products, Seafood
Accepts (+1 FP): Flowers, Fish, Seasonings, Dessert, Juice, Honey
Dislikes : Failed Dishes, Bugs





7. Louis

Seorang penemu yang eksentrik dengan sikap pemalu. Dia menjalankan toko peralatan di desa. Dia mungkin tampak canggung, tapi dia mempunyai otak yang sangat luar biasa dan mendedikasikan semuanya kepada ilmu alam. Dia kikuk dalam berhadapan dengan wanita terutama Lyla. Dia seorang pria dengan hati yang lembut.
Birthday: Autumn 2nd
Height : 174cm
Weight : 54kg
Loves (+3 FP): Golden Egg, Precious Ore, Egg Cooking
Likes (+2 FP): Vegetables, Fruits, Mushrooms, Red Herbs, Eggs, Milk, Ore, Gemstones, Jeweled Accessories, Seasonings, Vegetable/Dairy Cooking, Dairy Products, Seafood, Dessert, Juice, Honey
Accepts (+1 FP): Flowers, Lumber, Fish, Portable Cooking
Dislikes : Failed Dishes, Junk Ore


8. Martha

Dia adalah nenek dari Gina dan penjaga Dia. Seseorang yang hangat, riang dan mempunyai sifat yang sangat keibuan. Dia adalah satu-satunya keluarga Gina.
Birthday: Winter 25th
Height : 160cm
Weight : 68kg
Loves (+3 FP): ---
Likes (+2 FP): Vegetables, Flowers, Fruits, Mushrooms, Eggs, Milk, Fish, Seasonings, Vegetable/Egg/Dairy Cooking, Dairy Products, Seafood, Dessert, Juice Honey
Accepts (+1 FP): Red Herbs, Lumber, Jeweled Accessories, Portable Cooking
Dislikes : Garss, Bugs



9. Parsley

Seorang pencari tanaman yang energik. Dia sangat mencintai pekerjaannya.

Birthday: Spring 16th
Height : 174cm
Weight : 58cm
Loves (+3 FP): ---
Likes (+2 FP): Vegetables, Flowers, Fruits, Mushrooms, Red Herbs, Eggs, Milk, Fish, Vegetable/Egg/Dairy Cooking, Dairy Products, Seafood, Dessert, Juice, Honey
Accepts (+1 FP): Fodder, Lumber, Gemstones, Jeweled Accessories, Seasonings, Portable Cooking
Dislikes : Grass, Bugs, Failed cooking, Ores




10. Ponta

Dia musang yang senang sekali memancing. Ingat dia dari River King??
Favorite: Fish dishes
Loves (+3 FP): Fish
Likes (+2 FP): ---
Accepts (+1 FP): ---
Dislikes: Grass, junk ore


11. Renton

Dia adalah salah satu bodyguard Alice.
Birthday: Spring 1st
Height : 160cm
Weight :75cm
Loves (+3 FP): Gold Milk, Golden Egg
Likes (+2 FP): Vegetables, Flowers, Fruits, Mushrooms, Red/Green Herbs, Eggs, Milk, Fish, Ore, Vegetable Cooking, Dairy Cooking, Seafood, Dessert
Accepts (+1 FP): Lumber, Ore, Precious Ore, Gemstones, Jeweled Accessories, Seasonings, Portable/Vegetable/Dairy/Egg Cooking, Dairy Products, Seafood, Dessert, Juice, Honey
Dislikes: Grass, bugs, junk ore, failed dish




12. Ronald

Ronald adalah pemilik Supermarket di desa dan dia seorang yang berbahasa latin yang kadang berbicara dengan suara keras, orang nya ceria, suka makan dan bersukaria.
Birthday: Spring 11th
Height : 188cm
Wight : 80kg
Loves (+3 FP): Vegetables/Dairy/Egg Cooking, Seafood
Likes (+2 FP): Vegetables, Fruits, Mushrooms, Red Herbs, Eggs, Milk, Fish, Seasonings, Dairy Products, Dessert, Juice, Honey
Accepts (+1 FP): Flowers, Fodder, Lumber, Gemstones, Jeweled Accessories, Portable Cooking
Dislikes: Grass, bugs





13. Rudolph

Dia pria yang kerja di pertambangan untuk perusahaan "Leisure Land". Dia tidak berbicara banyak. Tapi, membiarkan kamu untuk mengambil hasil tambang setelah kamu mengenalnya.
Birthday: Autumn 14th
Height : 178cm
Weight : 68kg
Loves (+3 FP): Precious Ore
Likes (+2 FP): Red Herbs, Gemstones, Jeweled Accessories, Seasonings, Portable/Vegetables/Dairy/Egg Cooking, Dairy Products, Seafood, Dessert, Juice, Honey, Failed Dishes
Accepts (+1 FP): Vegetables, Flowers, Fruits, Mushrooms, Fodder, Lumber, Eggs, Milk, Fish, Ore
Dislikes: Grass, bugs, junk ore







14. Tim

Seorang anak laki-laki yang nakal dan senang berpetualang mencari harta karun. Dia seorang yang pemberani dan sangat energik. Dia sangat mencintai kakaknya, Bob.
Birthday: Autumn 12th
Height : 143cm
Weight : 39kg
Loves (+3 FP): Cheese, Bugs, Eggs
Likes (+2 FP): Vegetables, Fruits, Mushrooms, Fish, Vegetable/Egg Cooking, Seafood, Dessert, Juice, Honey
Accepts (+1 FP): Flowers, Lumber, Milk, Ore, Precious Ore, Gemstones, Jeweled Accessories, Seasonings, Portable/Dairy Cooking, Dairy Products
Dislikes: Onion, Grass




15. Wall ( Wallie )

Dia adalah pemilik cafe, kakek dari Katie. Dia hebat dalam membuat kue tapi sayangnya tak sehebat cucunya. Dia seorang yang riang dan baik hati, tapi sanngat melarang Katie bekerja di bar pada malam hari. Yang mana cafe berubah menjadi bar ketika malam hari.
Birthday: Summmer 21st
Height : 162cm
Weight : 53kg
Loves (+3 FP): Vegetables/Dairy/Egg Cooking, Dairy Products, Seafood
Likes (+2 FP): Vegetables, Fruits, Mushrooms, Red Herbs, Fish
Accepts (+1 FP): Flowers, Lumber, Eggs, Milk, Gemstones, Jeweled Accessories, Seasonings, Portable Cooking, Dessert, Juice, Honey
Dislikes: Grass, bugs



16. Woody ( Woodie )

Pemimpin tukang kayu yang mengajari Joe dan Kurt. Dia orang tua yang sigap dan sangat kuat di usianya. Kadang-kadang dia menjadi orang yang pesimis tapi sangat peduli pada nasib desa kedepannya.
Birthday: Winter 2nd
Height : 165cm
Weight : 63kg
Loves (+3 FP): Golden Egg, Lumber, Precious Ore
Likes (+2 FP): Vegetables, Fruits, Mushrooms, Red Herbs, Eggs, Milk, Ore, Vegetable/Egg/Dairy Cooking, Dairy Products, Seafood
Accepts (+1 FP): Flowers, Fish, Gemstones Jeweled Accessories, Seasonings, Portable Cooking, Dessert, Juice, Honey
Dislikes: Grass, bugsGift:Eggs


Sekian perkenalan tentang Harvest Moon : Hero of Leaf Valley. Selanjutnya aq bakal kasih sedikit trik n tips buat game ini.
^_^

240 komentar:

  1. Katie Manis,Cantik,dan imut jago masak lgi Tpi kalo soal cium pasti di jedotin mulu wkwkwkkwkwk....

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwkwkwk, q suka na sama si Lyla, kalem, , ,
      klo Alice yg duluan mau nyium >.<

      Hapus
    2. Oh...alice yang mau nyium tpi gak jadi karna di liatin renton ama charles akhirnya mereka kabur si renton diinjek sam charles wkwkkwkw...

      Hapus
    3. Ia, di depan gereja kan? wkwkwkwkwk
      lucu tuhh

      Maaf br blz ya ^_^

      Hapus
    4. saya mencitai Lyla sampai sekarang Hati sudah kuning Untuk bisa menikah in Gi mana ya

      Hapus
    5. awal tahun ke tiga Chester bakal ke rumah dan nyuruh qm buwt nikah. kasih ajj blue Feather ke Lyla . . .
      usahain lvl hati na yang paling tinggi. klo bisa selesai in ending yang bersangkutan sama si Lyla ^^

      maaf baru blz
      ^^

      Hapus
    6. sorry mau nanya klo saya ngegift mulu org org yg ada di harvest moon ntar uangnya cuma nambah sdikit dong kn modal kerja doang, solusinya gimana nih!?

      Hapus
    7. Kan HM hero of leaf valley bs kerja part time. part time yg paling untung di tambang sm nebang kayu. trus pukul pohon" juga dapet buah na kan. . . trus bisa di jual.
      kalo q, kerja part time na gini : ke tambang dulu, trus trun ke Ronald ngurusin ayam, trus jdi koki di rumah Dia. kalo part time nebang kayu jarang. soal na ngabisin banyak stamina. . . . tapi dpt Gold na banyak sih ^^

      Maaf b blz

      Hapus
    8. Cara propose ke harvest goodes gimana

      Hapus
  2. cara utk membuka tempat mancing :
    10 fishprints = di harvest goddess spring belakang batu besar
    20 fishprints = di tambang/underground lake

    BalasHapus
  3. biar bs nanam jamur di samping rumah kan harus naruh kayu, trus cara dapat kayunya gmn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udah prnh krja samnilan di Woody? Klo udh pernah, kalo udh sebulan bs nebang pohon punya dia, usahain nebang na 1 minggu sekali atau nunggu pohon yang d tebang gede....

      Maaf br blz
      ^^

      Hapus
  4. jika nikah ama harvest goddes ?
    h. goddesnya ada di rumah apa ada di tempatnya ?

    jika kita nikah amanya, apa ketika pernikahan orang lain gak liat ? aku baru maen jadi newbie

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry br blz

      Klo nikah sm goddes dy ttp di tmpatnya, pas nikah ada yg liad kok. Klo yg laen nikah, asal kita dkt sm mereka pasti diundang

      ^^

      Hapus
  5. ane udah 6hatinya udah merah sama dia :D *anelesbong* :v wkwkwkwk anu ane nunggu sampe winter 2-30 ehhhh malah tamat -..- kga jadi dah kawin ama dia :v wkowkwo

    BalasHapus
  6. Kak maaf boleh tanya gak itu tahun 1 fall 11 ada apa ya kak?dan Apakah kita udah pasti gak bisa nikah sama Alice ??? Thanks ya kak kalo jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maaf br blz

      Ada apa an ya? Bisa liat di folder Hm Holv event ending

      Bisa nikah kok sama Alice. Asal dia ga pergi dari desa. Lengkapnya cari ajj di 16 ending

      Hapus
    2. Kenapa ya pada suka sama Alice?

      Cantik ya???

      Hapus
    3. Eh? Aku suka na sm Lyla

      Mungkin karna Alice tokoh yg cm bisa di nikahin klo ttp ada di desa kali ya?

      Hapus
    4. Sama sya juga Lyla
      Orangya kalem

      Hapus
    5. Tapi matanya merem mulu
      saya aja blom pernah liat matanya

      Hapus
    6. Kan keliatan na kalem...

      walau matanya cuma segaris
      wkwkwkwk>.<

      Hapus
  7. cara dapet blue feather gimana?

    #Thanks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sorry br blz

      Nnti si pendeta dtg sendiri ke rmh qt awal tahun ke 3 ga usah nyari

      ^^

      Hapus
  8. kak cara ngambil prized braedfruit yang ditanem di harvest goddes gimana?

    Thank's

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang di harvest goddes udah ditanem malah gk bisa diambil

      Hapus
    2. Yang ku tanem di dkt Goddess itu Blue Mist?

      Hapus
    3. Tapi kata harvest spirites suruh tanem di lapak kecil harvest goddes
      apa salah ya??

      Hapus
    4. 1 kotak doank kan. Yg dkt sungai? Kalo itu untk blue mist...

      ^^

      Hapus
    5. Berarti yang suruh tanem prized breadfruit yg kdua di dpan rumah ya?

      Hapus
  9. berarti yang suruh nanem prized breadfruit yang kedua didepan rumah donk?

    BalasHapus
  10. emang bisa tamat yaa??

    trus kalo tamat apa bisa lanjutin permainan yang udah tamat itu??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Abis 3 tahun, masih ada beberapa event kok
      ^^

      kan warga terakhir dateng pas tahun ke tiga
      ^^

      Hapus
  11. Mantap gan.. saya juga main..
    tapi saya mainnya lewqt emulator psp di android. ditunggu kunbalnya yaa.

    taufiksipemimpi.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. ohh.... saya juga maen di android pake ppsspp ^^

      maen juga di psp
      ^^

      Hapus
    2. download emulator psp di android gimana sih (kasih link nya dong) , trus kasih juga yaa cara pakai emulator nya . =D

      Hapus
    3. emuparadise.me

      donlot ppsspp na dulu sama androzip. trus donlot emulator na... cari game na trus buka pake androzip. abis itu buka deng ppsspp na... selesai...

      ^^

      Hapus
  12. Siang kk, sya udh main ini game smpai thn k-3 hari k-4. Sya pngin nikahin si kattie tpi disuruh bngun rumah dulu. Cara bngun rumah'y gimna??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Qm bs upgrade ke gwen...

      Dateng in toko na
      ^^

      Hapus
  13. mau nanya dong, kan kalo mau berhasil nyelamatin desa harus nyelesein 3 evennya sekaligus? atau gimana? beri penjelasan dong, sy masih baru ..

    BalasHapus
  14. Sekalian jalan ajj.... bisa kok jalanin beberap event di saat yang sama
    ^^

    BalasHapus
  15. mau nanya nihh broo,,, tugas harvest spritess apa yah?? cara mendapatkan jamur gimana?? 1 lagi. harvest moon hero of leaf valley ini kapan tammatnya??n

    BalasHapus
    Balasan
    1. gampang tinggal kerja di woody ntar cari disitu pasti bayak

      Hapus
    2. hmm.. jamur bisa cari waktu kerja di woody atau.... bikin sendiri... bawa kayu ke belakang gudang (bangunan disebelah rumah) trus taro ajj di situ jangan lupa tiap hari disiramin ^^

      HM ga tamat"

      Hapus
  16. Mo nanya ni....

    1. Gimna biar punya baby, (married ma Marina)
    2. Cara nglatih anjingnya gimna?? Ko ga mo nurut...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hmmm...

      1. HM HOLV Ga bisa punya baby....
      2. pake pluit na dunk? bisa kok... tiap hari di latih ajj

      Hapus
  17. Gan nikah sama si-Gwen bsia kagak?? terus caranya ??? (Newbie)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa kok...

      Coba selesai in event yang berhubungan sama dia ajj byar cepet
      ^^

      Hapus
  18. gan fungsi di samping rumah buat apa sih ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cuma gudang penyimpanan...

      Kalo kamu ngalahin robot gagak nanti ada robotnya di situ.. atau nemuin sesuatu buat pertama kali di tambang bakal kesimpen di situ... jadi kayak museum
      ^^

      nanti ada guna na kok

      Hapus
  19. kantornya alice yg d dpn tambang itu gak bisa dibuka ya, aq main gak pernah ketemu alice sama sekali.. apa gra2 main di android?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa di buka nanti, tunggu aja ada saat nya kok. ga masalah maen di androidmaupun di psp
      ^^

      Hapus
    2. sedikit info dari saya
      kalau mau ketemu ama alice datang ke tambang jam 9:00 dan paling lambat jam 10:00 si alice bakalan keluar kantor ini bagi yang belum ngalahin ikan robot

      Hapus
  20. Aku gak punya pisau. Gimana ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak mau nanya masalah power berry, berapa maximum power berry yg bisa kita dapat?
      Habis saya cuma dapat 5
      4 search pke anjing
      1 d kasih sama kurcaci

      Hapus
    2. Ioo... Power berry ga bisa di ambil semua na....

      Hapus
  21. Jangan-jangan Lyla itu penampakan dari H.Goddes
    Haha...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwkwkwk... Bukan kok...

      Harvest Goddes nama aslina Marina
      ^^

      Hapus
    2. Mo nanya lagi itu yang belakang sebelah kanan Ada semacam gundukan tanah di rumah Dia / Villa di itu tempat apa dan kanpan Kebukannya tuh tempat?

      Hapus
    3. Itu tanah syci. Bs d buka pas event Dia. Tmpt bwt nanem golden potato....

      Kbuka na klo qm fp na sama ckp + lg jln in event yg bersangkutan sm Dia

      Hapus
    4. Kalo yang disembelih kiri Villa semacam gudang itu tempat apa?

      Hapus
    5. itu cuma gudang, ga bisa masuk...

      Hapus
  22. Ka bisa gak dapetin saluran TV yang ke empat ?

    BalasHapus
  23. Jika Lyla dengan Louis
    Gwen dengan Bob
    Katie dengan Joe
    Alice terlalu Matre
    Dia sukanya Cemberut
    Aurelia setelannya Tomboy
    Gina terlalu Polos
    Marina H.Goddes - Impossible

    Jadi gua harus Milih Siapa ? T_T

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wkwkwwkwk....

      Holv bisa nikah jg kok sama si harvest goddes...
      ^^

      Hapus
    2. Cc Semangka itu Berbuahnya berapa hari sehh...?

      Kek nya lama Boneng?

      Hapus
    3. Semangka? Emank lama kyk nq

      Hapus
    4. Lalu Cara dapetin Mineral carrot itu gimana?

      Beli atau Bagaimana?

      Hapus
  24. Ka Power Berry itu. Max dapat berapa?

    saya baru dapat 4 search pake anjing lalu 1 lagi di kasih sama kurcaci tapi waktu dikasihi kurcaci Bar healt'a gak nambah!
    Gimana tuh ka?

    Thanks.... ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kak cara jualin barang ke mana sih
      Maaf saya baru main wkwk

      Hapus
    2. Hmmm.. bisa dimana mana kok. Ke toko mereka ajj, nanti mereka bakal kasih pilihan, barang yang dijual ( sell ) ada juga wanted item dimana harganya lebih tinggi dari pada jual biasa
      ^^

      Hapus
  25. Ka Alice itu munculnya Dimana sih terus kapan kalo dia Muncul?
    Kayknya jarang banget munculnya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. datang ke kantor alice pukul 12 siang hari di dalam kalo diluar kantor jam 10 malam (alias mine ) untuk hari senin-jumat, sabtu-minggu : depan mine jam 8 pagi & 10 malam

      Hapus
    2. NAnya lagi Ka?

      Ketika memasuki Tahun ke 2 , 5 Autum . Setelah itu Alice muncul dimana ka?

      Hapus
    3. Eh? Ga inget aq... mank lagi event apa?

      Hapus
    4. Kalo cara ngasih Blue Feather ke Marina /H.Goddes gimana caranya kalo dilempar kan gak bisa tuh!

      Hapus
  26. Kak Mau nanya!


    $upay@ kits visa selamatin Kota tanpa Bayar 50.000 G ke Alice harus selesaikan Berapa Event?

    Thanks...!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Palinga ga event yg cagar alam atau turis mesti selesai. Sekitar 8 event
      ^^

      Hapus
    2. Kalo di Mix bisa gak Kak?

      Misalkan Cagar Alam 4 dan Turis 4 jadikan 8 ntuh!

      Hehehe.....

      Hapus
    3. Aq ga prnh cb d mix jadi ga tau
      :p

      Hapus
  27. Kak mau nanya!
    Makanan untuk nambahin Healt selain Red Herb dan Super AP Medicine apa ya kak?


    Thanks sebelumnya.

    BalasHapus
  28. Maaf saya baru main, kalo nyimpen barang yg kita dapet, misalkan verry berry itu nyimpennya dimana ya selain di tas?
    Thx.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Di kulkas. Tunggu qm upgrade rumah dulu...

      Hapus
  29. Kak mau nanya Setelah masuk awal tahun ke 3 , apakah FP para penduduk tidak akan bertambah lagi?

    Thanks...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ioo
      Segitu gitu ajj seinget q
      ^^

      Hapus
    2. Kalo cara ngajak nikah Marina gimana caranya kak?

      Satu lagi Bibit pohon sakura dijualnya dimana kak koq di Toko Luka gak ada?

      Hapus
    3. nanti cari event nikah sama marina. toko lyla maksudnya?

      Hapus
  30. Ka Jika kita mau membuat Perhiasan gimana caranya kak?

    Pas saya kasih scrap metal ke Zhan dia malah Jawab #Reff .

    BalasHapus
  31. Ka cara dapetin saluran TV ke 4 gimana caranya?

    BalasHapus
  32. Dicheat aja semuanya, lebih mudah maennya :)
    Gak sbar

    BalasHapus
  33. Mau nanya nii , saya main dh sampai winter tahun 1 , sedangkan sy baru mengetahui tentang event event nii , banyak event yg sy lewati .. beri saran donk sy harus gi mana ?

    BalasHapus
  34. Kk aku mau nanya nih,, power berry itu apa yah? Dan kegunaanya apa?

    BalasHapus
  35. Kk, mo nanya, 16 event harus selesai semuanya?

    BalasHapus
  36. Saya sudah tahun ke 3 and udah beli bluefather di toolshop . Tapi gimana cara nya ngasih bluefather ke harvest goodess , tolong penjelasan nya

    BalasHapus
  37. Numpang nanyaa,, knapa pas pake wateringcan skali, trus gk bsa keganti pake alat lain?

    BalasHapus
  38. Numpang nanya
    uang 50 itu harus d kasih d akhir tahun k 2 kah, trus kalo sebelumnya bisa gak d kasihnya?

    BalasHapus
  39. Gan....semua cewek di pulau kecuali martha udh 5 hati di HM ane..jadi tinggal lamar di tajun ke 3 nih?

    BalasHapus
  40. http://maxtrome.wordpress.com nih link harvest moon HOV No bug dan sfx work

    BalasHapus
  41. Gan tolong kasih tau dong cara nikah sama marina please????? tolong di jawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eventnya harus selesai semua bro. Sma sering2 ngasih hasil panen. Ntr dia bkal brubah jadi manusia. Baru dah dikasih tuh mas kawin.

      Hapus
  42. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  43. sambil megang lumber ). Setelah selesai pasti anda sedang memegang lumber tersebut !!! DIJAMIN 100% BERHASIL. kalau kurangn ngerto silahkan di tanya. .. INGAT : ini bukan ngambil cara dari orang lain . ini caraku sendiri. ...... Moga bermanfaat.
    Sorry baru balez

    BalasHapus
  44. Kak HHOLF bisa restart ulang ke tahun pertama lagi setelah 2tahun terakhir... kan kak.... MOHON bantuannya!!! Tpi apa ga hilang semua event yg pernah di selesainya kak!!! :)

    BalasHapus
  45. apakah di seri ini akan mendapatkan seorang anak soalnya saya mencara di sana sini belum menemukan pencerahan ???
    Saya tunggu jwabannya segera >.<

    BalasHapus
  46. Event tu apa ya . .
    Trus cara nya ikut event gimana ??
    Tolong di jawab

    masih newbe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa diliat disini
      http://www.hmotaku.net/?page=games/holv/events

      Hapus
  47. Kalo mau nikah harus selein event yg bersangkutan sama si cewe ata ga perlu? Maaf masih newbie

    BalasHapus
  48. Mau tanya.. apakah marina masih bisa dinikahi di tahun ke 3 ??? Truss zen itu kapan bisa bangun tokonya sndiri ?? Truss Alice itu kyknya mnghilang stelah kita bayar 50rb G.. kemana yah dia ???

    BalasHapus
    Balasan
    1. 1. bisa nikahin dia kok
      2. tahun ketiga
      3. kalo qm endingnya bayar 50rb G yah... Alice pergi dari desa ga balik lagi ke sana
      ^^

      Hapus
  49. Itu gan bangunan sebelah rumah tmpat apaan yah??

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat nyimpen benda - benda antik yang ditemuin ditambang sama robot - robot yang udah dikalahin
      ^^

      Hapus
  50. Dan tempat nyimpen kayu dimana ya gan?

    BalasHapus
  51. Kalo ngasih uang yg 50 k harus pas akhir ato bisa kapan aja?

    BalasHapus
  52. Kak mw nanya, kolo udah nikah bisa tinggal bareng ga sih ?


    Thxx...

    BalasHapus
  53. Kalau Marina nikah sama kita tinggal nggak dia dirumah kita??

    BalasHapus
  54. Gan cara nanem di harvest goddes lake gimana?ada tanah sepetak disana tapi gak bisa dicangkul

    BalasHapus
  55. Saya newbie maen harvest moon yang versi ini.. Saya maenny di ppsspp.. Masih bingung sama festival & event2ny..??

    BalasHapus
  56. Saya newbie maen harvest moon yang versi ini.. Saya maenny di ppsspp.. Masih bingung sama festival & event2ny..??

    BalasHapus
  57. Cara propose ke harvest goodes gimana

    BalasHapus
  58. Kalo tukang pandai besi dmna masbro? klo buat upgrade. Mohon infonya

    BalasHapus
  59. Kak, mau tanya cara ngangkat anjing gimana ya? Soalnya katanya pas hujan harus dimasukkan ke rumah, nah aku masih blm pnya rumah anjing

    BalasHapus
    Balasan
    1. anjing na udah jadi peliharaan belom?
      kalo udah tinggal pencet x aja terus bawa masuk kerumah.

      kalo ujan, gpp diluar rumah kan ada rumahnya juga tapi kalo mau dibawa masuk juga gpp ^^

      Hapus
  60. Min mau nanya nih kan saya sudah selesaikan semua ending dan sudah ngalahin robotnya dan sudah tahun ke 3 tapi masih gak ada alice nya
    Mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati alice na brp terakhir?
      soal na dia emang agak susah, paling ga hatinya hrus 4
      ^^

      Hapus
  61. Udah di ending tahun 2. Yg menyatakan cinta si katie, tp pingin nya sama h.goddes . Tp h.goddes nya belom jadi manusia. Pindah haluan ke h.goddes bisa ngga ?
    Terus rumah yg di deket pantai itu rumah siapa ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. harvest goddess jadi manusia cuma pas hari pernikahan doang ^^
      rumah deket pantai yang mana?

      Hapus
  62. Balasan
    1. Kamu harus punya 50 kayu sama 5000G, terus datang ke tempat woody terus tinggal pesan deh

      Hapus
  63. kak, download full version nya dimana yaa ?, aku udah nyelesaiin 14 event tapi tempat mancing di HG spring kok ngga kebuka yaa, mohon pencerahannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aq lupa dimana, soalnya cari google
      klo pake android coba ke emuparadise.me
      coba cari disana

      Hapus
  64. Kak zoya..main HV pean pkek PSP pa android? Kalok android, emulator yg gold pa yg biasa?soalx saya pkek yg gold tapi jelek grafisnya?kalok punya setingannya share dong

    BalasHapus
  65. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  66. Kk harvest moon a wonderfull life bisa dpt baby loh

    BalasHapus
  67. Kk. Boleh tanya gk cara beri makan hewan dengan mineral. Katanya ini bisa membuat mereka menghasilkan produk emas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ia bisa, mineral na di campur sama mineral crystal
      caranya, pertama taro aja mineral crystal ke tanah yang udah dicangkul nanti warna tanah na berubah jadi kuning, trus taro alfafa na di tempat yang sama. udah gitu aja
      ^^
      semoga membantu

      Hapus
    2. kalo udh panen, langsung kasih aja mineral alfafa na ke tempat makan hewan ^^

      Hapus
  68. Wiwiwi Love gw sama h, goddes dah biru >_<

    BalasHapus
  69. cara ngejual barang yang didapat gimana ya ?
    bru pertama kali main nih :D
    Tolong dijawab ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dateng ke toko - toko buat jual barang yang dibutuhin sama mereka
      ^^

      Hapus
  70. Maaf kak ada fitur anaknya gak?

    BalasHapus
  71. Kak zoya cara kembaliin hati anjing gimana? Solanya dulu hati 1 trus lupa angkat , smpek sekrang ngambek gak muncul lagi -_ udah d obatin gk ngaruh , ksih mkanan enak" terus tetep juga-_ basa jawanya : makani kerek lumpuh kak hahah :'v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Anjing tu setiap hari lu kasih aja telor biar cepet pertumbuhanya....ane 3 musim dah 4hati :V danjangan lupa lu buatin dulu rumahnya and jangan lupa lu bantingin tiap hari :v

      Hapus
    2. yup betul
      ^^
      dipeluk terus main sama ocarina
      ^^

      Hapus
  72. Kalo boleh nanya zann/ gol dodo kapan keluar? Trus dimana lokasinya?

    BalasHapus
  73. Cara kerja part time sama s bob gimana ya ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. dateng aja ke bob jam 8 terus ajak ngomong pas dy ada di counter dagangnya dia, nanti ada pilihannya part time job atau chat sama bob
      ^^

      Hapus
  74. KK zhoya numpang nanya y KK tau gk dimana alice tinggal abis tahun ke-3 plz dijawab

    BalasHapus
    Balasan
    1. dia bakal pergi dari desa kalo qm ga selesaiin event yang berhubungan dengan dia
      ^^

      Hapus
  75. kalo gak salah ya... tetap di didepan tambang itu kan....

    BalasHapus
  76. Hmm kak mau nanya dong klo nikah sama si Alice,alicenya bisa tinggal dirumah??

    BalasHapus
  77. Aku mahu nikah sama DIA tapi aku tak tahu cara dapatkan blue feather.

    BalasHapus
  78. gan Harvest Goddess kalau sudah dii nikahi bisa tinggal dirumah kita apa ngak..??

    BalasHapus
  79. gan Harvest Goddess kalau sudah dii nikahi bisa tinggal dirumah kita apa ngak..??

    BalasHapus
  80. Kalau mau menikah dg Alice, berarti harus tdk melihat event 13-4 (Event Bob) ya ?

    BalasHapus
  81. Min, gw udh maen ampe tahun ke 3 dah nikah sama Lyla (si imut kawaii)
    nanti setelah tahun ketiga ada event apa aja yaa... ?
    share dong min event setelah tahun ke 3

    BalasHapus
  82. Aku bingung!Semua cewek di hm Holv Udh mau merah
    Gwen Merah
    Alice Orange
    Layla Orange
    Harvest goddes orange


    Nah Apkh mereka Bisa sekali gus menyatakn cinta di akhir tahun ke 2..

    BalasHapus
  83. tlng beri tau dong.. sya bingung saya pengen mereka ber empat bisa melihat event di mana mereka menyatkn cinta !!

    BalasHapus